SURYAJANA, Diah Vera Bakti and KUSUMAWARDHANI, Amie,(31 January 2019), MEMBANGUN KINERJA PERUSAHAAN MELALUI ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, MODAL INTELEKTUAL, DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Pada Industri Kreatif Di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (65kB)
Download (65kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (28kB)
Download (28kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (27kB)
Download (27kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (71kB)
Download (71kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (312kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (312kB) | Request a copy
Abstract
Industri kreatif adalah industri yang berfokus pada produksi barang dan jasa
dengan basis keahlian, bakat, serta kreativitas. Industri ini selalu memiliki sumber
daya terbarukan. Industri ini memiliki peran penting yaitu meningkatan nilai
ekspor, menyerap tenaga kerja, serta menyumbang Produk Domestik Regional
Bruto (PDRB). Penelitian ini bertujuan untuk membangun kinerja perusahaan
melalui orientasi pasar, orientasi pembelajaran, modal intelektual, dan keunggulan
kompetitif pada industri kreatif di Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan populasi dari pemilik atau manager perusahaan
industri kreatif. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dari 114 perusahaan industri
kreatif di Kota Semarang. Hubungan yang diusulkan dalam kerangka penelitian
diuji menggunakan model persamaan struktural (SEM).
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa (1) orientasi pasar berpengaruh positif
terhadap kinerja perusahaan, (2) modal intelektual berpengaruh positif terhadap
kinerja perusahaan, (3) keunggulan kompetitif berpengaruh positif terhadap kinerja
perusahaan, (4) modal intelektual berpengaruh positif terhadap keunggulan
kompetitif, (5) orientasi pembelajaran tidak berpengaruh positif terhadap kinerja
perusahaan. Implikasi teori dari penelitian ini adalah memperkaya teori orientasi
pasar, modal intelektual, dan keunggulan kompetitif yang dapat membangun
kinerja perusahaan. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pemilik atau
manager perusahaan perlu meningkatkan modal intelektualnya terkait kompetensi
karyawan dan penggunaan teknologi informasi, meningkatkan keunggulan
kompetitif melalui produksi produk berbiaya murah dan peningkatan variasi
produk, dan meningkatkan orientasi pasar terkait peningkatan jumlah pelanggan,
strategi yang dilakukan pesaing, dan pengetahuan mengenai kondisi pasar terbaru.
Keywords : | company performance, market orientation, learning orientation, intellectual capital, and competitive advantage, kinerja perusahaan, orientasi pasar, orientasi pembelajaran, modal intelektual, dan keunggulan kompetitif. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 07:59 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 07:59 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10855 |