MEMBANGUN KINERJA PERUSAHAAN MELALUI ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, MODAL INTELEKTUAL, DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Pada Industri Kreatif Di Kota Semarang)

SURYAJANA, Diah Vera Bakti and KUSUMAWARDHANI, Amie,(31 January 2019), MEMBANGUN KINERJA PERUSAHAAN MELALUI ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, MODAL INTELEKTUAL, DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Pada Industri Kreatif Di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (65kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Industri kreatif adalah industri yang berfokus pada produksi barang dan jasa dengan basis keahlian, bakat, serta kreativitas. Industri ini selalu memiliki sumber daya terbarukan. Industri ini memiliki peran penting yaitu meningkatan nilai ekspor, menyerap tenaga kerja, serta menyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Penelitian ini bertujuan untuk membangun kinerja perusahaan melalui orientasi pasar, orientasi pembelajaran, modal intelektual, dan keunggulan kompetitif pada industri kreatif di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan populasi dari pemilik atau manager perusahaan industri kreatif. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dari 114 perusahaan industri kreatif di Kota Semarang. Hubungan yang diusulkan dalam kerangka penelitian diuji menggunakan model persamaan struktural (SEM). Hasil dari analisis menunjukkan bahwa (1) orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, (2) modal intelektual berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, (3) keunggulan kompetitif berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, (4) modal intelektual berpengaruh positif terhadap keunggulan kompetitif, (5) orientasi pembelajaran tidak berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Implikasi teori dari penelitian ini adalah memperkaya teori orientasi pasar, modal intelektual, dan keunggulan kompetitif yang dapat membangun kinerja perusahaan. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pemilik atau manager perusahaan perlu meningkatkan modal intelektualnya terkait kompetensi karyawan dan penggunaan teknologi informasi, meningkatkan keunggulan kompetitif melalui produksi produk berbiaya murah dan peningkatan variasi produk, dan meningkatkan orientasi pasar terkait peningkatan jumlah pelanggan, strategi yang dilakukan pesaing, dan pengetahuan mengenai kondisi pasar terbaru.
Keywords : company performance, market orientation, learning orientation, intellectual capital, and competitive advantage, kinerja perusahaan, orientasi pasar, orientasi pembelajaran, modal intelektual, dan keunggulan kompetitif.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:59
Last Modified: 15 Jun 2022 07:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10855

Actions (login required)

View Item
View Item