RAMADHAN, Zulfikar and RAHARJO, Susilo Toto,(7 June 2022), PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Kebumen). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (32kB)
Download (32kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (6kB)
Download (6kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (373kB)
Download (373kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (246kB)
Download (246kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perekonomian di Indonesia saat ini telah berkembang semakin pesat. Hal ini menyebabkan semakin kerasnya persaingan dalam dunia bisnis. Sehingga perusahaan dituntut untuk memiliki strategi yang tepat untuk menjalankan usahanya dan dapat terus bersaing di pasar. Selain itu, ketidaksesuaian antara pelaku bisnis dengan kebutuhan konsumen dapat menyebabkan ketidakberhasilan penerapan strategi perusahaan guna membangun keunggulan bersaing. Persaingan tersebut telah dirasakan oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan dan Minuman, khususnya di Kabupaten Kebumen. Data perkembangan UMKM di Kebumen menunjukan terdapat UMKM yang baru merintis usaha dan sebaliknya ada pula yang menutup usaha mereka. UMKM yang menutup usaha mereka karena tidak dapat bersaing dengan kompetitornya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing melalui inovasi produk sebagai variabel intervening pada UMKM Makanan dan Minuman di Kebumen. Populasi pada penelitian ini adalah para pengusaha UMKM Makanan dan Minuman di Kebumen, dengan jumlah sampel sebanyak 130 responden. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu Structural Equation Model (SEM) dengan alat yang akan digunakan adalah AMOS 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan berpengaruh dan signifikan positif terhadap keunggulan bersaing dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.
Kata kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, UMKM
Keywords : | Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Product Innovation, Competitive Advantage, MSMEs, Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, UMKM |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Zulfikar Ramadhan |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:39 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 03:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10861 |