FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT RETENSI MAHASISWA (Studi Pada Penerima Beasiswa LPMAK TIMIKA)

OHEE, Anesty Flora and YUNIAWAN, Ahyar and PERDHANA, Mirwan Surya,(31 May 2019), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT RETENSI MAHASISWA (Studi Pada Penerima Beasiswa LPMAK TIMIKA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (791MB) | Request a copy

Abstract

Memperoleh gelar sarjana penting bagi mahasiswa dan perguruan tinggi. Retensi dari sudut pandang perguruan tinggi telah banyak dilakukan, tetapi dari sudut pandang mahasiswa masih terbatas. Keterbatasan ini perlu didalami untuk mengetahui faktor prediktor yang mempengaruhi mahasiswa bertahan dan keluar perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor prediktor apa saja yang mempengaruhi tingkat retensi mahasiswa di perguruan tinggi. Data penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan responden berjumlah 37 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel integrasi, dukungan sosial, self-efficacy, dan stres berpengaruh terhadap tingkat retensi. Sedangkan secara parsial dukungan informasi, instrumental, penghargaan dari teman kelas, dan stres keterampilan akademik berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat retensi. Kemudian dukungan emosional dosen, dukungan emosional teman kelas, dukungan informasi orang tua, self-efficacy dalam kompetensi dan motivasi berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat retensi. Keterbatasan penelitian adalah jumlah responden yang terbatas. Penelitian berikutnya dapat menambah jumlah responden yang respresentatif sesuai variabel penelitian. Harapan penelitian ini dapat menambah pengetahuan untuk meningkatkan retensi mahasiswa di perguruan tinggi.
Keywords : Retention, Integration, Social Support, Self-efficacy, Stress, Retensi, Integrasi, Dukungan sosial, Self-efficacy, Stres
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:15
Last Modified: 17 Jun 2022 07:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10873

Actions (login required)

View Item
View Item