ANGGRAINI, Indah Nur and MAHFUDZ, Mahfudz,(15 June 2022), PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Layanan Grab di Kabupaten Wonosobo). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (271kB)
Download (271kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (317kB)
Download (317kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (251kB)
Download (251kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (186kB)
Download (186kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (344kB)
Download (344kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Teknologi informasi dalam era modern saat ini tumbuh dengan pesat,
perusahaan dituntut untuk memiliki hubungan yang baik dengan pelanggannya agar
dapat bersaing dalam dunia bisnis, untuk itu hubungan pelanggan dengan
perusahaan harus dapat dipertahankan yang nantinya memiliki dampak pada
loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas
layanan, kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan
pelanggan sebagai variabel intervening pada jasa transportasi Grab. Penelitian ini
menggunakan 119 pelanggan Grab di Kabupaten Wonosobo yang telah
menggunakan jasa transportasi Grab minimal 3 kali dalam enam bulan terakhir,
yang digunakan sebagai objek penelitian.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling
dalam melakukan pengumpulan data. Dimana data yang diperoleh dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner pada 119 pelanggan Grab sesuai dengan kriteria
yang telah ditentukan. Teknik analisis dalam penelitian menggunakan analisis
Structural Equation Model (SEM) dengan program AMOS 24.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari enam hipotesis yang telah
diajukan, seluruh hipotesis diterima. Hipotesis yang diterima dalam penelitian ini
adalah sebagai berikut: hipotesis 1 (terdapat pengaruh positif signifikan antara
kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan), hipotesis 2 (tidak terdapat
pengaruh positif signifikan antara kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan),
hipotesis 3 (terdapat pengaruh positif signifikan antara komitmen terhadap
kepuasan pelanggan), hipotesis 4 (tidak terdapat pengaruh positif signifikan antara
kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan), hipotesis 5 (terdapat pengaruh
positif signifikan antara kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan) dan hipotesis 6
(terdapat pengaruh positif signifikan antara komitmen terhadap loyalitas
pelanggan) hipotesis 7 (tidak terdapat pengaruh positif signifikan antara kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan).
Keywords : | Customer Loyalty, Customer Satisfaction, Commitment, Trust, Service Quality, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Komitmen, Kepercayaan dan Kualitas Layanan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Indah Nur Anggraini |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 08:32 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 08:32 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10879 |