Pengaruh Teknologi dan Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi pada Negara Berkembang di Asia Tahun 1999-2019

DEVINA, Tika Ayu and FIRMANSYAH, Firmansyah,(23 June 2022), Pengaruh Teknologi dan Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi pada Negara Berkembang di Asia Tahun 1999-2019. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (116kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemunculan internet dan paten dalam perkembangan teknologi di dunia dipandang sebagai mesin produksi yang dapat mengurangi biaya produksi. Namun perkembangan teknologi yang semakin modern jika tidak di barengi dengan ilmu pengetahuan dan kompetensi yang cukup untuk memanfaatkan keberadaan teknologi maka hal tersebut tidak akan mencapai hasil yang maksimum. Dengan adanya teknologi (knowledge), sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki dapat ditransformasikan menjadi potensi yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknologi dan pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada negara berkembang di Asia Tahun 1999-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari Pertumbuhan ekonomi yang diukur dengan menggunakan Gross Domestic Product (GDP), jumlah pengguna internet, jumlah pemohon paten sebagai proksi dari teknologi, investasi menggunakan pembentukan modal bruto (Gross capital formation) dan pendidikan yang merupakan variabel dummy untuk mengukur akses pendidikan pada negara-negara berkembang di Asia dengan menggunakan rasio angka partisipasi pendidikan tinggi (secondary education). Analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel model fixed effect dengan metode weighted cross section SUR atau Generalized Least Square (GLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi yang digambarkan dengan jumlah pengguna internet, jumlah permohonan paten, investasi, serta interaksi antara teknologi dan pendidikan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi pada negara berkembang di Asia, namun pertumbuhan ekonomi di negara berkembang di Asia yang memiliki akses pendidikan yang baik lebih rendah dibandingkan negara yang memiliki akses pendidikan yang rendah (buruk)
Keywords : Technology, Internet, Patents, Education, Economic Growth, Cross Section Seemingly Unrelated Regression (SUR), Teknologi, Internet, Paten, Pendidikan, Pertumbuhan Ekonomi, Cross Section Seemingly Unrelated Regression (SUR)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Tika Ayu Devina
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:26
Last Modified: 23 Jun 2022 07:26
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10910

Actions (login required)

View Item
View Item