KUALITAS PROFIL RISIKO DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEHATAN PERBANKAN DI ASEAN

PALUPI, Muhamad Yusuf and SUGIYANTO, Fransiscus Xaverius,(26 April 2022), KUALITAS PROFIL RISIKO DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEHATAN PERBANKAN DI ASEAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (34kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (149kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Performa profil risiko selain berfungsi sebagai alat untuk memitigasi kemungkinan hal yang tidak diinginkan, dapat juga digunakan sebagai alat tolak ukur performa perbankan. Nilai profil risiko yang kurang memuaskan akan membuat nasabah dan investor berpikir ulang sebelum menggunakan jasa bank tersebut. Profil risiko terbagi menjadi 8 jenis risiko yang berbeda. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari 3 jenis profil risiko yang memiliki dampak paling besar yaitu risiko kredit, risiko pasar, dan risiko likuiditas terhadap tingkat kesehatan perbankan di ASEAN. Metode yang digunakan adalah regresi limited dependent variable dengan menggunakan regresi Tobit. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel Probability of Default dan Cash Ratio, sebagai proksi dari risiko kredit dan risiko likuiditas secara berurutan, memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kesehatan perbankan di ASEAN. Sementara variabel Economic Value of Equity sebagai proksi risiko pasar, tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kesehatan perbankan di ASEAN. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hanya risiko kredit dan risiko likuiditas yang memiliki pengaruh signifikan dan sejalan dengan teori yang dikemukakan Bank for International Settlements (BIS).
Keywords : Risk profile, Probability of Default, Economic Value of Equity, Cash Ratio, and banking performance., Profil risiko, Probability of Default, Economic Value of Equity, Cash Ratio, tingkat kesehatan bank.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Muhamad Yusuf Palupi
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:49
Last Modified: 24 Jun 2022 01:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10918

Actions (login required)

View Item
View Item