ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP SUSTAINABILITY PERFORMANCE DENGAN CORPORATE SOCIAL REPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI periode 2016-2020)

SARI, Erma Novia and PANGESTUTI, Irene Rini Demi,(24 June 2022), ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP SUSTAINABILITY PERFORMANCE DENGAN CORPORATE SOCIAL REPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI periode 2016-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (241kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tata kelola perusahaan masih menjadi agenda utama bagi perusahaan Indonesia. Isu corporate governance muncul sejak krisis ekonomi di Indonesia dan negara-negara Asia. Perkembangan praktik tata kelola perusahaan di Indonesia selama sepuluh tahun terakhir ini belum menunjukkan banyak kemajuan. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi global, perusahaan dituntut untuk dapat mengimbanginya. Maka diperlukan adanya sistem pengelolaan serta pengendalian manajerial yang tepat pada perusahaan. Dengan adanya tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) diharapakan dapat memberikan kontribusi positif baik pihak internal maupun eksternal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Governance yang diproksikan dengan Corporate Governance Disclosure terhadap Kinerja Keberlanjutan yang dimediasi oleh CSR pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020 di Indonesia dengan variabel kontrol Firm Size, Leverage, dan ROA. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Laboratorium Bloomberg dan Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016-2020. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 14 dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh total 70 observasi. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan program IBM SPSS 24 yang terdiri dari uji asumsi klasik, uji statistik f, uji statistik t, uji koefisien determinasi (R2), dan uji variabel mediasi. Selama periode pengamatan, menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal. Hal ini menunjukkan bahwa data yang digunakan telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persaman regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keberlanjutan serta tata kelola perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSR. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan sepenuhnya memediasi hubungan antara tata kelola perusahaan dan kinerja keberlanjutan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2020.
Keywords : Corporate Governance, Sustainability Performance, CSR, Tata Kelola Perusahaan, Kinerja Keberlanjutan, CSR
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: erma novia sari
Date Deposited: 03 Jul 2022 07:25
Last Modified: 26 Jul 2022 01:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11009

Actions (login required)

View Item
View Item