ATMAJA, Muhammad Surya and FERDINAND, Augusty Tae and RAHARDJO, Susilo Toto,(2 August 2018), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELATIHAN, ORIENTASI PELANGGAN, KOMPETENSI TEKNIK, DAN KUALITAS AKTIVITAS PENJUALAN TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUAL (Studi Pada Tenaga Penjual PT Asuransi Prudential Indonesia Kantor Pemasaran Dr. Cipto Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (36kB)
Download (36kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (40kB)
Download (40kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (41kB)
Download (41kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (50kB)
Download (50kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (292kB)
Download (292kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (729kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (729kB) | Request a copy
Abstract
Kualitas pelatihan merupakan hal yang penting untuk ada dalam setiap
pelatihan yang diberikan pada tenaga penjual. Namun, hanya sedikit penelitian
yang meneliti pengaruhnya terhadap kinerja tenaga penjual. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji pengaruh kualitas pelatihan dan faktor-faktor lainnya terhadap
kinerja tenaga penjualnya dengan objek 120 tenaga penjual pada PT Asuransi
Prudential yang terbaik dalam pemberian pelatihan tenaga penjualnya di Semarang.
Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling dengan bantuan
program AMOS 23.
Model disusun menggunakan enam hipotesis yaitu semakin tinggi kualitas
pelatihan maka semakin tinggi tingkat orientasi pelanggan yang dimiliki tenaga
penjual, semakin tinggi kualitas pelatihan maka semakin baik kompetensi teknik,
semakin baik kompetensi teknik maka semakin tinggi kualitas aktivitas penjualan
yang dimiliki tenaga penjual, semakin baik orientasi pelangan maka semakin tinggi
kualitas aktivitas penjualan, semakin baik orientasi pelanggan maka semakin tinggi
kinerja tenaga penjual, dan semakin tinggi kualitas aktivitas penjualan maka
semakin tinggi kinerja tenaga penjual.
Hasil analisis menunjukkan model memenuhi kriteria Goodness-of-Vit pada
Chi-Square = 111,412; Probability = 0,167; GFI = 0,892; AGFI = 0,850; TLI =
0,976; CFI = 0,981; CMIN/DF = 1,137; RMSEA = 0,036. Didapatkan hasil bahwa
kualitas pelatihan berpengaruh positif terhadap orientasi pelanggan yang kemudian
berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga penjual. Hasil lainnya didapatkan
bahwa kualitas pelatihan tidak berpengaruh terhadap kompetensi teknik,
kompetensi teknik berpengaruh positif terhadap kualitas aktivitas penjualan,
orientasi pelanggan berpengaruh positif terhadap kualitas aktivitas penjualan, dan
kualitas aktivitas penjualan tidak berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjual.
Keywords : | Quality of Training, Customer Orientation, Technical Competence, Quality of Sales Activities, Salesperson Performance, Kualitas Pelatihan, Orientasi Pelanggan, Kompetensi Teknik, Kualitas Aktivitas Penjualan, Kinerja Tenaga Penjual |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 07:37 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 07:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11034 |