ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELATIHAN, ORIENTASI PELANGGAN, KOMPETENSI TEKNIK, DAN KUALITAS AKTIVITAS PENJUALAN TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUAL (Studi Pada Tenaga Penjual PT Asuransi Prudential Indonesia Kantor Pemasaran Dr. Cipto Kota Semarang)

ATMAJA, Muhammad Surya and FERDINAND, Augusty Tae and RAHARDJO, Susilo Toto,(2 August 2018), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELATIHAN, ORIENTASI PELANGGAN, KOMPETENSI TEKNIK, DAN KUALITAS AKTIVITAS PENJUALAN TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUAL (Studi Pada Tenaga Penjual PT Asuransi Prudential Indonesia Kantor Pemasaran Dr. Cipto Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (41kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (50kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (292kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pelatihan merupakan hal yang penting untuk ada dalam setiap pelatihan yang diberikan pada tenaga penjual. Namun, hanya sedikit penelitian yang meneliti pengaruhnya terhadap kinerja tenaga penjual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelatihan dan faktor-faktor lainnya terhadap kinerja tenaga penjualnya dengan objek 120 tenaga penjual pada PT Asuransi Prudential yang terbaik dalam pemberian pelatihan tenaga penjualnya di Semarang. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling dengan bantuan program AMOS 23. Model disusun menggunakan enam hipotesis yaitu semakin tinggi kualitas pelatihan maka semakin tinggi tingkat orientasi pelanggan yang dimiliki tenaga penjual, semakin tinggi kualitas pelatihan maka semakin baik kompetensi teknik, semakin baik kompetensi teknik maka semakin tinggi kualitas aktivitas penjualan yang dimiliki tenaga penjual, semakin baik orientasi pelangan maka semakin tinggi kualitas aktivitas penjualan, semakin baik orientasi pelanggan maka semakin tinggi kinerja tenaga penjual, dan semakin tinggi kualitas aktivitas penjualan maka semakin tinggi kinerja tenaga penjual. Hasil analisis menunjukkan model memenuhi kriteria Goodness-of-Vit pada Chi-Square = 111,412; Probability = 0,167; GFI = 0,892; AGFI = 0,850; TLI = 0,976; CFI = 0,981; CMIN/DF = 1,137; RMSEA = 0,036. Didapatkan hasil bahwa kualitas pelatihan berpengaruh positif terhadap orientasi pelanggan yang kemudian berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga penjual. Hasil lainnya didapatkan bahwa kualitas pelatihan tidak berpengaruh terhadap kompetensi teknik, kompetensi teknik berpengaruh positif terhadap kualitas aktivitas penjualan, orientasi pelanggan berpengaruh positif terhadap kualitas aktivitas penjualan, dan kualitas aktivitas penjualan tidak berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjual.
Keywords : Quality of Training, Customer Orientation, Technical Competence, Quality of Sales Activities, Salesperson Performance, Kualitas Pelatihan, Orientasi Pelanggan, Kompetensi Teknik, Kualitas Aktivitas Penjualan, Kinerja Tenaga Penjual
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:37
Last Modified: 04 Jul 2022 07:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11034

Actions (login required)

View Item
View Item