ANALISIS INDEKS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN MIX METHOD (Studi dilakukan di Klinik Kecantikan Lettice Clinic Tanjungpinang)

SUKARNADI, Natalia and RAHARDJO, Susilo Toto,(December 2018), ANALISIS INDEKS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN MIX METHOD (Studi dilakukan di Klinik Kecantikan Lettice Clinic Tanjungpinang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indeks kepuasan pasien Lettice Clinic di Tanjung Pinang. Lettice Clinic merupakan klinik kecantikan yang memberikan jasa perawatan kulit berupa instalasi farmasi dan treatment kecantikan kulit serta kecantikan alami berupa eyelash extention, filler, sulam alis dan sebagainya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian mix method, metode yang pertama menggunakan analisis kuantitatif IPA (importance performance analysis) dengan sampel sebanyak 100 responden yang mengunjungi klinik kecantikan dan metode kedua adalah wawancara yang dilakukan kepada 3 informan Lettice Clinic. Data dikumpulkan melalui kuesioner IPA dan manuskrip penelitian kualitatif. Temuan penelitian dengan mix method ini adalah Kuadran I (prioritas utama ) terdiri atas atribut pelayanan keberadaan petugas; melakukan tindakan pelayanan tepat, cepat dan ontime serta kemampuan mengatasi masalah. Kuadran II (pertahankan prestasi) terdiri atas atribute pelayanan fasilitas fisik; kemampuan mengatasi keluhan; kemampuan menjelaskan dengan akurat dan mendalam serta terampil. Kuadran III (prioritas rendah) terdiri atas atribut layanan kesiagaan SDM; kemampuan memahami pelanggan; mampu menempatkan diri. Kuadran IV (berlebihan) terdiri atas penampilan SDM yang terlalu rapi; pemberian informasi yang terlalu akurat; cepat tanggap dalam penanganan; ketelitian; perlakuan pada konsumen. Sementara hasil interview mendalam menghasilkan hasil yang secara umum konsisten dengan hasil analisis IPA.
Keywords : Service Attribute, Patient Satisfaction, Mix Method, Atribut Pelayanan, Kepuasan Pasien, Mix Method
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:58
Last Modified: 06 Jul 2022 06:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11071

Actions (login required)

View Item
View Item