SOYUNOV, Saparmyrat and RAHARDJO, Susilo Toto,(27 June 2022), MANAJEMEN ASRAMA DALAM PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SİSWA DI SMA SEMESTA BİLİNGUAL BOARDİNG SCHOOL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (186kB)
Download (186kB)
Text (Abstrak(Inggris))
- Published Version
Download (6kB)
Download (6kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (5kB)
Download (5kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (14kB)
Download (14kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (122kB)
Download (122kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini guna memaparkan fungsi manajer asrama dalam menanamkan karakter tangguung jawab peserta didik, kegiatan yang menunjang penanaman karakter peserta didik, juga skema yang digunakan manajer asrama guna menumbuhkan karakter tanggung jawab siswa di SMA Semesta Bilingual Boarding School. Penelitian ini berjenus kualitatif degan menerapkan observasi terlibat, dokumentasi, serta wawancara sealku alat pengumpul data. Data ditelaah dengan metode reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan ( drawing and verifying conclusions) dengan informan utama antara lain ; manajer asrama kelas XI, manajer asrama kelas XII, empat orang ketua kamar kelas XI, dan empat orang ketua kamar kelas XII.
Penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi manajer asrama dalam menanamkan karakter peserta didik berlangsung dengan baik yaitu dengan memposisikan diri sebagai kaka/abah serta senantiasi memberikan pengawasan dan bimbingan kepada peserta didik melalui kegiatan Sohbet, Salat berjamaah, Etut, Catatan harian, Silaturahmi orang tua, Kegiatan bersama dihari libur, penilaian kamar, kegiatan bersama warga sekitar. Kegiatan-kegitan tersebut menanamkan karakter tanggung jawab kepada Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat serta bangsa dan negara. Selain itu strategi yang digunakan oleh manajer asrama dalam penanaman karakter tersebut antara lain; team work, role model, pendekatan emosional, pemberian hukuman, pemberian hadiah, serta senantian untuk selalu mengingatkan peserta didik sehingga sesuai dengan fungsi manajerial yang telah ada. Selain itu, melalui banyaknya kegiatan yang dilakukan serta startegi yang digunakan hal ini menunjukan keseriusan, kesungguhan dan fungsi manajer asrama dalam menanamkan karakter peserta didik di SMA Semesta Bilingual Boarding School.
Keywords : | Management, character building, responsibility., Manajemen, Penanaman Karakter, tanggung jawab . |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Saparmyrat Soyunov Soyunov |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 06:47 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 06:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11082 |