PORTOFOLIO KOMPETENSI PENGUSAHA UMKM OLEH-OLEH KHAS JAWA TENGAH: STUDI GROUNDED THEORY DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW (BEI)

SANY, Nukhbah and YUNIAWAN, Ahyar,(February 2019), PORTOFOLIO KOMPETENSI PENGUSAHA UMKM OLEH-OLEH KHAS JAWA TENGAH: STUDI GROUNDED THEORY DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW (BEI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kompetensi umum yang dimiliki pengusaha oleh-oleh khas Jawa Tengah dan kompetensi pembeda yang berkaitan dengan kinerja tinggi para pengusaha. Dengan menggunakan teknik Behavioral Event Interview dan mengacu pada kamus kompetensi Spencer dan Spencer (1993), peneliti menganalisis frekuensi kepemilikan pengusaha atas 20 kompetensi umum. Analisis nonparametrik Tes U Mann-Whitney memungkinkan identifikasi kompetensi pembeda antara dua kelompok analisis, yang terdiri atas 5 pengusaha pada kelompok kinerja tinggi dan 4 pengusaha pada kelompok kinerja rata-rata. Hasil penelitian ini adalah identifikasi frekuensi kemunculan atas 20 kompetensi yang dimiliki pengusaha oleh-oleh khas Jawa Tengah, dengan 5 kompetensi tertinggi antara lain achievement orientation (14,44%), customer service orientation (14,44%), technical/professional/managerial expertise (8,33%), team leadership (7,22%), dan information seeking (6,11%). Selain itu, diketahui 4 kompetensi pembeda yang berkaitan dengan kinerja tinggi, antara lain relationship building (p = 0,003), initiative (p = 0,004), technical/ professional/ managerial expertise (p = 0,36), dan achievement orientation (p = 0,037). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan para pengusaha oleh-oleh khas Jawa Tengah untuk memilih jenis pelatihan yang akan diikuti. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam mengadakan program pelatihan bagi UMKM yang menjadi binaan. Terakhir, hasil penelitian ini memperkaya bank kompetensi dunia dari sudut pandang pengusaha Jawa Tengah.
Keywords : UNSPECIFIED, kompetensi, UMKM, Jawa Tengah, Behavioral Event Interview, kualitatif
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:00
Last Modified: 11 Jul 2022 04:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11107

Actions (login required)

View Item
View Item