SANY, Nukhbah and YUNIAWAN, Ahyar,(February 2019), PORTOFOLIO KOMPETENSI PENGUSAHA UMKM OLEH-OLEH KHAS JAWA TENGAH: STUDI GROUNDED THEORY DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW (BEI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (29kB)
Download (29kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (28kB)
Download (28kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (108kB)
Download (108kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (347kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (347kB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kompetensi umum yang
dimiliki pengusaha oleh-oleh khas Jawa Tengah dan kompetensi pembeda yang
berkaitan dengan kinerja tinggi para pengusaha. Dengan menggunakan teknik
Behavioral Event Interview dan mengacu pada kamus kompetensi Spencer dan
Spencer (1993), peneliti menganalisis frekuensi kepemilikan pengusaha atas 20
kompetensi umum. Analisis nonparametrik Tes U Mann-Whitney memungkinkan
identifikasi kompetensi pembeda antara dua kelompok analisis, yang terdiri atas 5
pengusaha pada kelompok kinerja tinggi dan 4 pengusaha pada kelompok kinerja
rata-rata. Hasil penelitian ini adalah identifikasi frekuensi kemunculan atas 20
kompetensi yang dimiliki pengusaha oleh-oleh khas Jawa Tengah, dengan 5
kompetensi tertinggi antara lain achievement orientation (14,44%), customer
service orientation (14,44%), technical/professional/managerial expertise
(8,33%), team leadership (7,22%), dan information seeking (6,11%). Selain itu,
diketahui 4 kompetensi pembeda yang berkaitan dengan kinerja tinggi, antara lain
relationship building (p = 0,003), initiative (p = 0,004), technical/ professional/
managerial expertise (p = 0,36), dan achievement orientation (p = 0,037). Hasil
penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan para pengusaha oleh-oleh khas Jawa
Tengah untuk memilih jenis pelatihan yang akan diikuti. Pemerintah Provinsi
Jawa Tengah juga dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan
pertimbangan dalam mengadakan program pelatihan bagi UMKM yang menjadi
binaan. Terakhir, hasil penelitian ini memperkaya bank kompetensi dunia dari
sudut pandang pengusaha Jawa Tengah.
Keywords : | UNSPECIFIED, kompetensi, UMKM, Jawa Tengah, Behavioral Event Interview, kualitatif |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 04:00 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 04:00 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11107 |