PEMASARAN POLITIK PARTAI BARU MENUJU PEMILU 2024 Strategi Pemenangan Partai Gelombang Rakyat Indonesia

SETIAWAN, Danan and SUKRESNA, I Made,(15 June 2022), PEMASARAN POLITIK PARTAI BARU MENUJU PEMILU 2024 Strategi Pemenangan Partai Gelombang Rakyat Indonesia. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (234kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (228kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (241kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (462kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di Negara Indonesia pemilihan umum dilaksanakan sebelum masa jabatan pejabat sebelumnya habis, yaitu 5 tahun. Setiap 5 tahun sekali masyarakat Indonesia akan melaksanakan pemilihan umum untuk memilih pemimpinnya. Isu yang selalu menjadi pertimbangan dan perbincangan oleh setiap partai politik ketika menjelang pemilu, yaitu mengenai Parliamentary Threshold. Ambang batas parlemen (Parliamentary Threshold) diyakiniidapat mengurangi.jumlah partai politik.yang.akan.masuk ke lembaga perwakilan. Sehinggaaakan terjadiipenyederhanaan.jumlah partai di DPR dengan jumlah.partaiiyang lebih.sedikit, dan akan membuat pondasi sistem kepartaian terhadap sistem presidensiallakan lebih.kuat. Dengan adanya persaingan yang terjadi dalam menduduki kursi pemerintahan tersebut, maka partai politik harus menyusun strategi pemasaran politik yang benar agar calon anggota legislatif yang ditunjuk oleh partai agar dapat dikenal masyarakat dan menarik perhatian. Penelitian ini lebih mengarah kepada strategi Partai Gelora Indonesia untuk dapat lolos parliamentary threshold dan untuk dapat memenangkan pemilihan umum. Partai Gelora Indonesia harus membuat strategi untuk mendapatkan dukungan sebanyak-banyaknya dari para pemilih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati apa yang telah dan akan dilakukan Partai Gelora Indonesia untuk dapat lolos parliementary threshold dan menang dalam pemilihan umum legislatif 2024 dan pengaplikasian mengenai konsep pemasaran politik yang dilakukan Partai Gelora Indonesia untuk dapat memenangkan pemilihan umum 2024 dengan mendapatkan perolehan suara diatas parlementary threshold. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik dalam mengumpulkan data yaitu observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Partai Gelora Indonesia sebagai partai baru telah melakukan marketing politik secara massive dengan menawarkan ide dan gagasan berupa isu perubahan, harapan masyarakat terhadap keadilan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.
Keywords : political marketing, parliamentary threshold, Gelora Indonesia Party, pemasaran politik, parliamentary threshold, Partai Gelora Indonesia
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Danan Setiawan
Date Deposited: 11 Jul 2022 08:55
Last Modified: 13 Jul 2022 02:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11113

Actions (login required)

View Item
View Item