SETIAWAN, Danan and SUKRESNA, I Made,(15 June 2022), PEMASARAN POLITIK PARTAI BARU MENUJU PEMILU 2024 Strategi Pemenangan Partai Gelombang Rakyat Indonesia. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (234kB)
Download (234kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (228kB)
Download (228kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (229kB)
Download (229kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (241kB)
Download (241kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (462kB)
Download (462kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Di Negara Indonesia pemilihan umum dilaksanakan sebelum masa jabatan
pejabat sebelumnya habis, yaitu 5 tahun. Setiap 5 tahun sekali masyarakat Indonesia
akan melaksanakan pemilihan umum untuk memilih pemimpinnya. Isu yang selalu
menjadi pertimbangan dan perbincangan oleh setiap partai politik ketika menjelang
pemilu, yaitu mengenai Parliamentary Threshold. Ambang batas parlemen
(Parliamentary Threshold) diyakiniidapat mengurangi.jumlah partai
politik.yang.akan.masuk ke lembaga perwakilan. Sehinggaaakan
terjadiipenyederhanaan.jumlah partai di DPR dengan jumlah.partaiiyang
lebih.sedikit, dan akan membuat pondasi sistem kepartaian terhadap sistem
presidensiallakan lebih.kuat. Dengan adanya persaingan yang terjadi dalam
menduduki kursi pemerintahan tersebut, maka partai politik harus menyusun
strategi pemasaran politik yang benar agar calon anggota legislatif yang ditunjuk
oleh partai agar dapat dikenal masyarakat dan menarik perhatian.
Penelitian ini lebih mengarah kepada strategi Partai Gelora Indonesia untuk
dapat lolos parliamentary threshold dan untuk dapat memenangkan pemilihan
umum. Partai Gelora Indonesia harus membuat strategi untuk mendapatkan
dukungan sebanyak-banyaknya dari para pemilih. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengamati apa yang telah dan akan dilakukan Partai Gelora Indonesia untuk
dapat lolos parliementary threshold dan menang dalam pemilihan umum legislatif
2024 dan pengaplikasian mengenai konsep pemasaran politik yang dilakukan Partai
Gelora Indonesia untuk dapat memenangkan pemilihan umum 2024 dengan
mendapatkan perolehan suara diatas parlementary threshold. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik dalam
mengumpulkan data yaitu observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian
yang diperoleh menunjukkan bahwa Partai Gelora Indonesia sebagai partai baru
telah melakukan marketing politik secara massive dengan menawarkan ide dan
gagasan berupa isu perubahan, harapan masyarakat terhadap keadilan dan
kesejahteraan bangsa Indonesia.
Keywords : | political marketing, parliamentary threshold, Gelora Indonesia Party, pemasaran politik, parliamentary threshold, Partai Gelora Indonesia |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Danan Setiawan |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 08:55 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:53 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11113 |