PENGARUH PDRB, IPM DAN KAPASITAS FISKAL TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI INDONESIA (STUDI KASUS: 34 PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2015 - 2019)

KUSUMA, Difa Faadila and ISKANDAR, Deden Dinar,(12 July 2022), PENGARUH PDRB, IPM DAN KAPASITAS FISKAL TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI INDONESIA (STUDI KASUS: 34 PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2015 - 2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (250kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (213kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (367kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang sering kali dihadapi oleh suatu negara, khususnya di Indonesia. Peningkatan angka kemiskinan dari tahun ke tahun merupakan masalah yang harus dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah variable independen yang terdiri atas PDRB, Kapasitas Fiskal, dan IPM memiliki pengaruh terhadap tingkat kemiskinan pada 34 Provinsi di Indonesia tahun 2015-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dengan data runtut waktu (time series) dengan periode tahun 2015-2019 dan cross section sebanyak 34 Provinsi di Indonesia. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan program Eviews10 Dari tahapan analisis yang dilakukan, hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil estimasi data panel terpilih model terbaik yaitu Random Effect Model (REM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. sedangkan variabel Kapasitas FIskal, dan IPM berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan.
Keywords : Poverty Rate, GRDP, Fiscal Capacity, HDI, Random Effect Model (REM)., Tingkat Kemiskinan, PDRB, Kapasitas FIskal, IPM, Random Effect Model (REM)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Difa Faadila Kusuma
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:56
Last Modified: 12 Jul 2022 06:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11124

Actions (login required)

View Item
View Item