MEMBANGUN MODEL STIMULI PROFESIONALISME SHARING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Studi Empirik pada UKM Industri Mesin dan Pengecoran Logam di Provinsi Jawa Tengah)

F A U J I, Fauji and MIYASTO, Miyasto and WIDIYANTO, Ibnu and CHABACHIB, Mochammad,(March 2014), MEMBANGUN MODEL STIMULI PROFESIONALISME SHARING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Studi Empirik pada UKM Industri Mesin dan Pengecoran Logam di Provinsi Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (214kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (181kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (351kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (653kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana stimuli profesionalisme sharing dapat meningkatkan kinerja bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sektor industri mesin dan pengecoran logam. Objek penelitian adalah Usaha Kecil Menengah sektor industri mesin dan pengecoran logam di Jawa tengah. Responden sebanyak 169 Manajer atau pemilik perusahaan yang memiliki tenaga kerja sebanyak 5 orang sampai dengan 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara secara langsung kepada responden. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software Amos 16.0. Hasil analisis membuktikan bahwa sikap proaktif pimpinan mampu meningkatkan Stimuli Profesionalisme Sharing. Hasil penelitian berikutnya menunjukan bahwa Stimuli Profesionalisme Sharing berpengaruh positif terhadap kesediaan karyawan untuk berbagi pengetahuan (sharing knowledge), baik pengetahuan explicit (explicit knowledge) maupun pengetahuan tacit (experiential sharing). Berbagi pengetahuan yang dilakukan karyawan berpengaruh positif terhadap inovasi produk dan Inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis UKM. Dapat ditambahkan bahwa Stimuli Profesionalisme Sharing tidak berpengaruh secara langsung terhadap inovasi produk. Kontribusi teoritis penelitian ini mendukung teori resource base view (RBV), teori manajemen pengetahuan dan konsep kepemimpinan dengan sebuah konsep baru yaitu Stimuli Profesionalisme Sharing. Hasil penelitian ini juga memiliki implikasi menajerial yaitu bahwa kinerja bisnis dapat ditingkatkan melalui inovasi produk sebagai hasil adanya sharing pengetahuan yang didorong oleh Stimuli Profesionalisme Sharing.
Keywords : Stimuli Professionalism Sharing, Knowledge Sharing, Product Innovation and Business Performance., Stimuli Profesionalisme Sharing, Sharing Pengetahuan, Inovasi Produk dan Kinerja Bisnis UKM.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:48
Last Modified: 04 Aug 2022 06:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11273

Actions (login required)

View Item
View Item