DETERMINAN UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN IPO DENGAN VARIABEL MODERASI DEWAN KOMISARIS (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

SAFITRI, Fadhilah Dwi Lailita and MARSONO, Marsono,(14 July 2022), DETERMINAN UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN IPO DENGAN VARIABEL MODERASI DEWAN KOMISARIS (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (110kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (80kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (91kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (812kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, reputasi auditor, reputasi underwriter, dan ukuran perusahaan terhadap underpricing saham perusahaan IPO yang dimoderasi oleh dewan komisaris. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari prospektus IPO dari Bursa Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah semua perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2017 – 2019. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu, sehingga didapat sampel dalam penelitian ini sebanyak 109 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Model – Partial Least Square (SEMPLS) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil dari analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, reputasi auditor, reputasi underwriter, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing saham. Berbeda dengan variabel dewan komisaris, dewan komisaris tebukti memiliki pengaruh terhadap underpricing saham, namun dewan komisaris tidak terbukti dapat memoderasi pengaruh antara profitabilitas, reputasi auditor, reputasi underwriter, dan ukuran perusahaan terhadap underpricing saham. Kata Kunci : Underpricing, profitabilitas, reputasi auditor, reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan dewan komisaris.
Keywords : Underpricing, profitability, auditor reputation, underwriter reputation, firm size, and board of commissioners., Underpricing, profitabilitas, reputasi auditor, reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan dewan komisaris.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Fadhilah Dwi Lailita
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:22
Last Modified: 05 Aug 2022 02:26
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11283

Actions (login required)

View Item
View Item