PROLIFERASI STRESSOR TERHADAP KINERJA PEKERJAAN

SIMANGUNSONG, Idodo and WAHYUDI, Sugeng and SUFIAN, Syuhada,(27 July 2012), PROLIFERASI STRESSOR TERHADAP KINERJA PEKERJAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab fenomena-fenomena yang terjadi baik fenomena teoritis dan empiris tentang hubungan pengaruh stressor pekerjaan terhadap kinerja pekerjaan. Pada umumnya peneliti telah menemukan bahwa stressor pekerjaan berpengaruh negatif terhadap kinerja pekerjaan, disisi lain stressor pekerjaan juga berpengaruh positif terhadap kinerja pekerjaan. Penelitian ini menguji peran dukungan organisasi yang diterima (Perceived Oganizational Support-POS) sebagai variabel moderating untuk memperkuat hubungan antara stressor dan tantangan dan rintangan pekerjaan, akibat dari tantangan dan rintangan pekerjaan terhadap keterikatan dan burnout pekerjaan, serta pengaruh keterikatan dan burnout terhadap kinerja pekerjaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjawab permasalahan tentang pengaruh stressor pekerjaan tersebut. Populasi dari penelitian ini adalah personil Polri yang bertugas di wilayah kota besar, yaitu : Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Ujung Pandang, dan Medan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 370 polisi dengan metode teknik pengumpulan data menggunakan metode random sampling secara proposional. Alat statistik untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa POS sebagai variabel moderasi untuk memperbesar hubungan antara stressor terhadap tantangan dan rintangan pekerjaan. Tantangan pekerjaan berpengaruh positif terhadap keterikatan pekerjaan dan rintangan pekerjaan berpengaruh positif terhadap burnout pekerjaan. Hasil selanjutnya, Keterikatan pekerjaan menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja pekerjaan, sedangkan burnout pekerjaan menjadi faktor penting dalam menurunkan kinerja pekerjaan. Oleh karena itu, stressor pekerjaan dapat meningkatkan kinerja pekerjaan melalui tantangan dan keterikatan pekerjaan, sebaliknya stressor pekerjaan dapat menurunkan kinerja pekerjaan melalui rintangan dan burnout pekerjaan.
Keywords : Key words : job stressor, challenge stressor, hindrance stressor, perceived organizational support, work engagement, burnout, and job performance, Kata kunci : stressor, tantangan pekerjaan, rintangan pekerjaan, dukungan organisasi, keterikatan pekerjaan, burnout pekerjaan, kinerja pekerjaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:35
Last Modified: 05 Aug 2022 02:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item
View Item