MAHARDIKA, Radian and FERDINAND, Augusty Tae and MUDIANTONO, Mudiantono,(15 March 2007), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PENJUALAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada Tenaga Penjual Perusahaan Distributor Convenience Product di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (96kB)
Download (96kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (155kB)
Download (155kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (89kB)
Download (89kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (576kB)
Download (576kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (227kB)
Download (227kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas
penjualan perusahaan (distributor) terhadap kinerja pemasaran di kota semarang.
Permasalahan riset ini bersumber dari research gap yaitu kontroversi pandangan
mengenai salah satu faktor penentu efektivitas organisasi penjualan yaitu dari
Penelitian Grant,K and Cravens, (1998) menunjukkan adanya hubungan yang
signifikan antara efektivitas penjualan dan desain wilayah penjualan. Baldauf, et
al (2001.p.116) menyimpulkan bahwa desain wilayah penjualan tidak
berpengaruh pada efektivitas penjualan. Oleh karena itu rumusan masalah
penelitian ini yaitu faktor-faktor apa yang mempengaruhi efektivitas penjualan
yang dapat meningkatkan kinerja penjualan.
Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling dan
jumlah sampel ditentukan berdasarkan Hair et al (1995) in Ferdinand,
(2002.p.47). Responden dari penelitian adalah berjumlah 120 orang responden,
dimana responden adalah tenaga penjual dari perusahaan distributor yang
produknya dikategorikan sebagai convenience product. Instrumen analisis yang
digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) pada program AMOS 4.01.
Hasil analisis data penelitian secara keseluruhan menunjukkan hasil
yang mendukung hipotesis. Selanjutnya hasil penelitian secara statistik
menunjukkan pengaruh yang significant pada pengaturan tenaga penjual
perusahaan terhadap efektivitas penjualan sales force maupun pada kinerja
pemasaran. Penelitian ini sesuai dengan penelitian Piercy et al (2000)
menyatakan bahwa tindakan yang berhubungan dengan teori pengelolaan sales
force berpengaruh pada efektivitas penjualan sales force maupun kinerja
pemasaran. Secara statistik ditemukan juga bahwa pengaturan wilayah penjualan
berpengaruh pada efektivitas penjualan dan kinerja pemasaran perusahaan,
bahwa tenaga penjual yang menyatakan puas dengan desain wilayah
penjualannya lebih mudah untuk dikelola atau ditingkatkan kinerja
penjualannya.
Keywords : | Salesperson’s Management, sales territory design, sales force effectiveness and marketing performance, Pengaturan tenaga penjual, pengaturan wilayah penjualan, efektivitas penjualan dan kinerja pemasaran. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 03:33 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 03:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11333 |