KUSUMANINGTYAS, Rahma Surya and WIDIYANTO, Ibnu and YOESTINI, Yoestini,(December 2015), ANALISIS TENTANG PENGARUH CUSTOMER RETENTION PROGRAMS TERHADAP KINERJA PEMASARAN BATIK SKALA KECIL DAN MENENGAH DI SURAKARTA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (94kB)
Download (94kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (18kB)
Download (18kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (19kB)
Download (19kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (24kB)
Download (24kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tingkat penjualan batik diakui sejumlah pengusaha batik di Surakarta
mengalami penurunan dari 2010 sampai dengan 2013 karena industri batik di
kota-kota lain di Indonesia mulai banyak bermunculan. Kondisi persaingan
industri batik yang semakin ketat ini membuat setiap UKM batik harus mampu
bertahan hidup, bahkan harus dapat terus mengembangkan usahanya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Penelitian ini mencoba
menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan modal sosial terhadap
kualitas hubungan pelanggan ,pengaruh kualitas hubungan pelanggan serta
pengaruh kualitas hubungan pelanggan dan customer retention programs terhadap
kinerja pemasaran dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode purposive sampling. Responden yang digunakan
sebanyak 115 responden yaitu pemilik, pengelola, maupun pemilik yang sekaligus
sebagai pengelola dari industri batik skala kecil dan menengah yang ada di
Surakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan modal
sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hubungan
pelanggan,kualitas hubungan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap customer retention programs kualitas hubungan pelanggan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, customer retention programs
berpengaruh positif dan signifikan. Hasil ini juga menunjukkan bahwa orientasi
kewirausahaan dan modal sosial dapat meningkatka kualitas hubungan pelanggan
yang baik sehingga tercapai kinerja pemasaran, sedangkan customer retention
programs juga terbukti berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.
Keywords : | Enterpreneurialp Orientation, Social Capital, Customer Relationship Management, Customer Retention Programs, and Marketing Performance, Orientasi Kewirausahaan, Modal Sosial,Kualitas Hubungan Pelanggan, Customer Retention Programs, dan Kinerja Pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 07:25 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 07:25 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11334 |