ANALISIS TENTANG PENGARUH CUSTOMER RETENTION PROGRAMS TERHADAP KINERJA PEMASARAN BATIK SKALA KECIL DAN MENENGAH DI SURAKARTA

KUSUMANINGTYAS, Rahma Surya and WIDIYANTO, Ibnu and YOESTINI, Yoestini,(December 2015), ANALISIS TENTANG PENGARUH CUSTOMER RETENTION PROGRAMS TERHADAP KINERJA PEMASARAN BATIK SKALA KECIL DAN MENENGAH DI SURAKARTA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (94kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (18kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (24kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tingkat penjualan batik diakui sejumlah pengusaha batik di Surakarta mengalami penurunan dari 2010 sampai dengan 2013 karena industri batik di kota-kota lain di Indonesia mulai banyak bermunculan. Kondisi persaingan industri batik yang semakin ketat ini membuat setiap UKM batik harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus mengembangkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Penelitian ini mencoba menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan modal sosial terhadap kualitas hubungan pelanggan ,pengaruh kualitas hubungan pelanggan serta pengaruh kualitas hubungan pelanggan dan customer retention programs terhadap kinerja pemasaran dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode purposive sampling. Responden yang digunakan sebanyak 115 responden yaitu pemilik, pengelola, maupun pemilik yang sekaligus sebagai pengelola dari industri batik skala kecil dan menengah yang ada di Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan modal sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hubungan pelanggan,kualitas hubungan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention programs kualitas hubungan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, customer retention programs berpengaruh positif dan signifikan. Hasil ini juga menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan modal sosial dapat meningkatka kualitas hubungan pelanggan yang baik sehingga tercapai kinerja pemasaran, sedangkan customer retention programs juga terbukti berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.
Keywords : Enterpreneurialp Orientation, Social Capital, Customer Relationship Management, Customer Retention Programs, and Marketing Performance, Orientasi Kewirausahaan, Modal Sosial,Kualitas Hubungan Pelanggan, Customer Retention Programs, dan Kinerja Pemasaran
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:25
Last Modified: 11 Aug 2022 07:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11334

Actions (login required)

View Item
View Item