PENGARUH INFORMASI ASIMETRI TERHADAP PARTISIPASI ANGGARAN DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA MANAJERIAL : KOMITMEN TUJUAN, JOB RELEVANT INFORMATION DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Provinsi Banten)

HANIFAH, Imam Abu and GHOZALI, Imam and ROHMAN, Abdul and CHARIRI, Anis,(14 June 2013), PENGARUH INFORMASI ASIMETRI TERHADAP PARTISIPASI ANGGARAN DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA MANAJERIAL : KOMITMEN TUJUAN, JOB RELEVANT INFORMATION DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Provinsi Banten). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (829kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (238kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (545kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh informasi asimetri terhadap partisipasi anggaran, dan pengaruh komimen tujuan, job relevant information, dan kepuasan kerja dalam memediasi hubungan partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan agency theory untuk hubungan informasi asimetri dengan partisipasi anggaran serta goal setting theory untuk hubungan partisipasi anggaran dan kinerja manajerial dengan tiga variabel interveningnya. Data yang digunakan merupakan data primer berupa kuesioner untuk para manajer level menengah di perusahaan manufaktur skala besar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei kepada 546 manajer level menengah di 134 perusahaan manufaktur. Kuesioner yang dikembalikan dan dapat digunakan dalam analisis sebanyak 178 dengan tingkat respon 32,6%. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur dengan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 16 dan AMOS 16. Hasil penelitian adalah pertama, informasi asimetri berpengaruh positif signifikan terhadap partisipasi anggaran. Kedua, partisipasi anggaran berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja manajerial. Ketiga, partisipasi anggaran berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial melalui komitmen tujuan. Keempat, partisipasi anggaran berpengaruh positif signifikan terhadap job relevant information, job relevant information berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja manajerial dan kelima, partisipasi anggaran berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial melalui kepuasan kerja.
Keywords : UNSPECIFIED, partisipasi anggaran, informasi asimetri, komitmen tujuan, job relevant information, kepuasan kerja, dan kinerja manajerial.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 12 Aug 2022 01:45
Last Modified: 12 Aug 2022 01:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11345

Actions (login required)

View Item
View Item