ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DEBT TO EQUITY RATIO , DIVIDEND DAN SALES GROWTH TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi Komparatif Antara Perusahaan Non Keuangan Kecil dan Besar Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2002-2004)

RASJO, Rasjo and NASIR, Mohamad and HARYANTO, Mulyo,(22 February 2007), ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DEBT TO EQUITY RATIO , DIVIDEND DAN SALES GROWTH TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi Komparatif Antara Perusahaan Non Keuangan Kecil dan Besar Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2002-2004). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (38kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (99kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (217kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Ukuran Perusahaan, Debt to Equity Ratio (DER), Dividend Payout Ratio (DPR), dan Sales Growth terhadap Return On Asset (ROA). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria (1) perusahaan non keuangan yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta dan selalu menyajikan laporan keuangan selama periode pengamatan (2002-2004), (2) perusahaan yang selalu membagikan dividen selama periode pengamatan (2002- 2004). Diperoleh jumlah sampel sebanyak 42 perusahaan dari 277 perusahaan non keuangan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Sedangkan untuk menguji perbedaan pengaruh Ukuran Perusahaan, Debt to Equity Ratio (DER), Dividend Payout Ratio (DPR), dan Sales Growth terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan non keuangan besar dan kecil di BEJ digunakan uji kesamaan koefisien dengan model regresi Chow test. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa pada level of significance kurang dari 5% Ukuran Perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap ROA (Sig. 3,4%), DER dan DPR secara parsial berpengaruh signifikan negatif terhadap ROA (Sig. 0,0% dan 4,9%), namun Sales Growth tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan signifikansi lebih besar dari 5% yaitu sebesar 8,24%. Sementara secara bersama-sama Ukuran Perusahaan, Debt to Equity Ratio (DER), Dividend Payout Ratio (DPR), dan Sales Growth terbukti signifikan berpengaruh terhadap ROA perusahaan non keuangan yang listed di BEJ pada level kurang dari 5% yaitu sebesar 0,00%. Kemampuan prediksi dari keempat variabel tersebut terhadap ROA sebesar 24,4% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya R square sebesar 24,4% sedangkan sisanya 75,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Sedangkan hasil uji dengan Chow test menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh Ukuran Perusahaan, Debt to Equity Ratio (DER), Dividend Payout Ratio (DPR), dan Sales Growth terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan non keuangan besar dan kecil di BEJ.
Keywords : Firm Size, Debt to Equity Ratio (DER), Dividend Payout Ratio (DPR), and Sales Growth and Return On Asset (ROA)., Ukuran Perusahaan, Debt to Equity Ratio (DER), Dividend Payout Ratio (DPR), Sales Growth dan Return on Asset (ROA)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:05
Last Modified: 12 Aug 2022 04:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11348

Actions (login required)

View Item
View Item