FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MUSLIM DALAM MEGGUNAKAN JASA PERBANKAN (STUDI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO)

ALFURQON, Humam Faiq and SANTOSA, Purbayu Budi,(7 July 2022), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MUSLIM DALAM MEGGUNAKAN JASA PERBANKAN (STUDI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Negara Indonesia mempunyai dua sistem perbankan, yaitu sistem perbankan konvensional dan sistem perbankan syariah. Sistem yang dijalankan oleh bank konvensional menggunakan bunga, sedangankan bank syariah menggunakan sistem bagi hasil. Masyarakat Indonesia mayoritas memeluk Agama Islam sehingga menjadikan bank syariah memiliki target pasar yang cukup tinggi. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah muslim dalam menggunakan bank syariah dengan perbandingan pada bank konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa muslim Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu purposive sampling, bagi sampel dari populasi yang memenuhi syarat. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden mahasiswa muslim Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro dengan proporsi 25 sampel setiap program studi. Metode penelitian menggunakan analisis regresi logistic biner. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel produk, pengetahuan, dan sosialisasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah, variabel produk berpengaruh paling kuat dibandingkan variabel lain. Variabel lokasi dan pelayanan mendapatkan hasil negatif, namun tidak berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah. Hasil penelitian secara simultan terdapat pengaruh keputusan nasabah muslim menggunakan jasa perbankan syariah. Kata kunci : perbankan, mahasiswa muslim, bank syariah, bank konvensional, produk, pengetahuan, sosialisasi, lokasi, pelayanan.
Keywords : banking, Muslim students, Islamic banks, conventional banks, products, knowledge, socialization, location, services., perbankan, mahasiswa muslim, bank syariah, bank konvensional, produk, pengetahuan, sosialisasi, lokasi, pelayanan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Humam Faiq Alfurqon
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:20
Last Modified: 15 Aug 2022 08:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11354

Actions (login required)

View Item
View Item