ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN DESA WISATA ALAM (Studi Kasus pada Desa Wisata Alam Kandri Kota Semarang)

KURNIAWATI, Titik and MAHFUDZ, Mahfudz,(28 June 2022), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN DESA WISATA ALAM (Studi Kasus pada Desa Wisata Alam Kandri Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (182kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (181kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (290kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (531kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah desa wisata. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam yang dilakukan secara langsung maupun daring kepada partisipan serta pengamatan secara langsung yang dilakukan sebagai bahan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan desa wisata yaitu partisipasi masyarakat lokal dan komunitas dalam mengembangkan desa wisata, kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke sana, pendanaan yang cukup untuk menunjang kegiatan kepariwisataan, berjejaring dengan para relasi sehingga dapat bekerjasama. Upaya-upaya yang dilakukan untuk meraih kesuksesan tersebut yaitu para pegiat wisata sebagai motor utama di desa wisata harus memiliki kesamaan visi, totalitas dan kesolidan dalam menggerakkan kegiatan desa wisata, hubungan para pengelola dengan masyarakat umum harus dibina dengan baik, menggencarkan kegiatan marketing agar para wisatawan banyak yang berkunjung dan memanfaatkan jaringan relasi untuk mendapatkan investor atau sumber dana dan media marketing.
Keywords : rural tourism, success factor, success effort, desa wisata, faktor sukses, upaya kesuksesan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Titik Kurniawati
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:11
Last Modified: 19 Aug 2022 08:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11362

Actions (login required)

View Item
View Item