PENGARUH TASK VISIBILITY TERHADAP SOCIAL LOAFING DENGAN EXCHANGE IDEOLOGY SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi pada Karyawan Kantor Pusat PT BPR Surya Yudhakencana Banjarnegara)

AZIZAH, Amara Wafiq and ANDRIYANI, Andriyani,(15 August 2022), PENGARUH TASK VISIBILITY TERHADAP SOCIAL LOAFING DENGAN EXCHANGE IDEOLOGY SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi pada Karyawan Kantor Pusat PT BPR Surya Yudhakencana Banjarnegara). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (181kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (248kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (267kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (308kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (310kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Demi mempertahankan efektifitas dan produktivitas karyawan dalam bekerja, perusahaan perlu menghindari social loafing karyawan. Oleh karena itu, penting bagi untuk menyelidiki faktor-faktor dinilai dapat memengaruhi social loafing karyawan, seperti faktor individual (exchange ideology) dan faktor situasional (task visibility). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan instrumen penelitian kuesioner untuk memperoleh data primer dengan menggunakan sampel sebanyak 90 karyawan tetap. SPSS PROCESS version 4.0 digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Output pengujian menunjukkan bahwa task visibility tidak berpengaruh signifikan terhadap social loafing (β = .054, t = .20, p ≥ .05). Akan tetapi exchange ideology terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap social loafing (β = .740, t = 2.84, p ≤ .05). Pengujian interaksi antara task visibility dan exchange ideology terhadap social loafing karyawan menunjukkan bahwa indirect effect dari adanya interaksi tersebut tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap social loafing karyawan (β = -.118, nilai t = -1.095, dan p ≥ .05). Dengan demikian, penelitian ini menyarankan bahwa karakteristik individu, terutama exchange ideology, penting dalam mengurangi social loafing karyawan.
Keywords : social loafing; exchange ideology; task visibility, social loafing; exchange ideology; task visibility
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Amara Wafiq Azizah
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:10
Last Modified: 23 Aug 2022 02:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11402

Actions (login required)

View Item
View Item