MANALU, Lastri Wanita and DWIYANTO, Bambang Munas,(15 August 2022), ANALISIS PENGARUH KUALITAS DAN VARIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Nescafe di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (164kB)
Download (164kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (98kB)
Download (98kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (106kB)
Download (106kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (130kB)
Download (130kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (128kB)
Download (128kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Kopi instan menjadi sangat populer di Indonesia sejak kemunculannya yang
kemudian didorong oleh banyaknya bermunculan varian produk-produk kopi instan
yang ditawarkan oleh pengusaha kopi. Tren konsumsi kopi juga telah berkembang
pesat beberapa tahun belakangan ini ditandai dengan meningkatnya produksi
produk kopi di Indonesia. Nescafe adalah merek kopi instan yang berada di bawah
produksi PT. Nestle. Nescafe telah mengeluarkan banyak varian produk baik dari
segi kemasan, kualitas, kuantitas, rasa dan aroma. Tidak hanya Nescafe, munculnya
beragam merek produk kopi instan yang ditawarkan oleh pengusaha kopi lainnya
kepada konsumen membuat konsumen memiliki kesempatan untuk beralih dari satu
merek ke merek lainnya. Persaingan pasar untuk minuman kopi semakin ketat
seiring dengan masuknya berbagai varian segmen kopi baru.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh
kualitas produk, variasi produk, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas
pelanggan untuk mengonsumsi produk kopi Nescafe. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang yang pernah menggunakan
mengonsumsi Nescafe dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Sampel yang
digunakan sebanyak 150 responden. Metode pengumpulan sampel menggunakan
purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran
kuesioner secara online melalui google form. Penelitian ini menggunakan analisis
Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis AMOS 24.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan variasi produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas
pelanggan. Serta kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan.
Keywords : | product quality, product variety, customer satisfaction, customer loyalty, Nescafe, kualitas produk, variasi produk, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, Nescafe |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Lastri Wanita Manalu |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 04:13 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 04:13 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11454 |