PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP MINAT BELI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK LAPTOP ASUS (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang)

DEWANTARA, Dionisius Bayu and RAHARJO, Susilo Toto,(15 August 2022), PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP MINAT BELI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK LAPTOP ASUS (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (4kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (329kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (241kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pesat dalam bidang teknologi selama beberapa tahun ke belakang membuat manusia memiliki cara pandang baru dalam hal melakukan pencarian informasi. Seiring dengan perkembangan tersebut, banyak perusahaan dan produsen barang atau jasa berlomba-lomba untuk membuat calon konsumen berminat membeli produknya. Salah satu perusahaan tersebut adalah ASUSTek Computer Inc. terutama pada lini produk laptopnya. Pada market share dunia, produk dari Asus tidak masuk ke lima besar. Berbanding terbalik dengan market share di Indonesia, Asus menempati peringkat pertama pada 2021 dengan 43,59% jauh mengugguli kompetitornya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth pada media sosial Youtube dan asosiasi merek terhadap minat beli dengan citra merek sebagai variabel mediasi pada produk laptop Asus. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 165 responden. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu Structural Equation Model (SEM) dengan alat yang akan digunakan adalah AMOS 25. Hasil dari penelitian ini adalah electronic word of mouth pada media sosial Youtube berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, electronic word of mouth pada media sosial Youtube berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Keywords : Electronic Word of Mouth, Youtube, Brand Association, Brand Image, Purchase Intention, Electronic Word of Mouth, Youtube, Asosiasi Merek, Citra Merek, Minat Beli
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Dionisius Bayu Dewantara
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:12
Last Modified: 05 Sep 2022 07:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11468

Actions (login required)

View Item
View Item