DEWANTARA, Dionisius Bayu and RAHARJO, Susilo Toto,(15 August 2022), PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP MINAT BELI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK LAPTOP ASUS (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3kB)
Download (3kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (4kB)
Download (4kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (329kB)
Download (329kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (241kB)
Download (241kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan pesat dalam bidang teknologi selama beberapa tahun ke
belakang membuat manusia memiliki cara pandang baru dalam hal melakukan
pencarian informasi. Seiring dengan perkembangan tersebut, banyak perusahaan dan
produsen barang atau jasa berlomba-lomba untuk membuat calon konsumen berminat
membeli produknya. Salah satu perusahaan tersebut adalah ASUSTek Computer Inc.
terutama pada lini produk laptopnya. Pada market share dunia, produk dari Asus
tidak masuk ke lima besar. Berbanding terbalik dengan market share di Indonesia,
Asus menempati peringkat pertama pada 2021 dengan 43,59% jauh mengugguli
kompetitornya di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of
mouth pada media sosial Youtube dan asosiasi merek terhadap minat beli dengan
citra merek sebagai variabel mediasi pada produk laptop Asus. Populasi pada
penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang. Jumlah sampel
pada penelitian ini sebanyak 165 responden. Dalam penelitian ini, metode yang
digunakan yaitu Structural Equation Model (SEM) dengan alat yang akan digunakan
adalah AMOS 25.
Hasil dari penelitian ini adalah electronic word of mouth pada media sosial
Youtube berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, asosiasi merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, electronic word of mouth
pada media sosial Youtube berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli,
asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan citra
merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Keywords : | Electronic Word of Mouth, Youtube, Brand Association, Brand Image, Purchase Intention, Electronic Word of Mouth, Youtube, Asosiasi Merek, Citra Merek, Minat Beli |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Dionisius Bayu Dewantara |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 07:12 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 07:12 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11468 |