RAHMA, Nurul Anisa and DIRGANTARA, I Made Bayu,(18 August 2022), ANALISIS PENGARUH PESAN KELANGKAAN DAN LIVE COMMERCE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Empiris Pada Mahasiswa Pelanggan Marketplace Shopee di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (227kB)
Download (227kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (201kB)
Download (201kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (202kB)
Download (202kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (231kB)
Download (231kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (450kB)
Download (450kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dengan semakin meningkatknya perkembangan teknologi saat ini, menyebabkan paradigma baru dalam bidang bisnis. Perkembangan dalam bidang bisnis membuat semakin banyak bermunculan bisnis online. Perkembangan dalam bisnis dan peningkatan pengguna internet memberikan perubahan dalam perilaku konsumen. Salah satu perilaku konsumen yang diinginkan oleh pemasar dalam menggunakan media online adalah perilaku pembelian impulsif. Untuk dapat menambah pendapatan, pemasar harus dapat menciptakan strategi promosi yang dapat membuat pelanggan melakukan pembelian dengan cepat.
Berkaitan dengan kondisi tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari pesan kelangkaan, dan live commerce terhadap perilaku pembelian impulsif di marketplace Shopee pada mahasiswa di Kota Semarang. Angka sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang berusia diatas 17 tahun, berdomisili di Kota Semarang, serta pernah melakukan pembelian melalui Flash Sale dan Shopee Live di marketplace Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling dan purposive sampling. Data diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 25.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pesan kelangkaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Live commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif.
Keywords : | Scarcity Message, Live Commerce, Impulsive Buying Behavior, Pesan Kelangkaan, Live Commerce, Perilaku Pembelian Impulsif |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nurul Anisa Rahma |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 07:38 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 07:38 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11473 |