ANALISIS PENGARUH PESAN KELANGKAAN DAN LIVE COMMERCE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Empiris Pada Mahasiswa Pelanggan Marketplace Shopee di Kota Semarang)

RAHMA, Nurul Anisa and DIRGANTARA, I Made Bayu,(18 August 2022), ANALISIS PENGARUH PESAN KELANGKAAN DAN LIVE COMMERCE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Empiris Pada Mahasiswa Pelanggan Marketplace Shopee di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (227kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (450kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dengan semakin meningkatknya perkembangan teknologi saat ini, menyebabkan paradigma baru dalam bidang bisnis. Perkembangan dalam bidang bisnis membuat semakin banyak bermunculan bisnis online. Perkembangan dalam bisnis dan peningkatan pengguna internet memberikan perubahan dalam perilaku konsumen. Salah satu perilaku konsumen yang diinginkan oleh pemasar dalam menggunakan media online adalah perilaku pembelian impulsif. Untuk dapat menambah pendapatan, pemasar harus dapat menciptakan strategi promosi yang dapat membuat pelanggan melakukan pembelian dengan cepat. Berkaitan dengan kondisi tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari pesan kelangkaan, dan live commerce terhadap perilaku pembelian impulsif di marketplace Shopee pada mahasiswa di Kota Semarang. Angka sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang berusia diatas 17 tahun, berdomisili di Kota Semarang, serta pernah melakukan pembelian melalui Flash Sale dan Shopee Live di marketplace Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling dan purposive sampling. Data diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 25. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pesan kelangkaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Live commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif.
Keywords : Scarcity Message, Live Commerce, Impulsive Buying Behavior, Pesan Kelangkaan, Live Commerce, Perilaku Pembelian Impulsif
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nurul Anisa Rahma
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:38
Last Modified: 06 Sep 2022 07:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11473

Actions (login required)

View Item
View Item