Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Terhadap Tingkat Korupsi Pemerintah Daerah

NOVITASARI, Putri and RAHARDJO, Shiddiq Nur,(12 August 2022), Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Terhadap Tingkat Korupsi Pemerintah Daerah. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (90kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (476kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (526kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (429kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (494kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Korupsi merupakan perbuatan melawan hukum yang dilakukan untuk memperkaya diri sendiri atau badan lain yang menyebabkan kerugian finansial dalam perekonomian negara. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh transparansi, akuntabilitas dan tindak lanjut hasil pemeriksaan terhadap tingkat korupsi pemerintah daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah periode 2016-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang mana menghasilkan 145 sampel data penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang mana berasal dari Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Tengah, Indonesia Corruption Watch dan laman resmi pemerintah. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel transparansi, akuntabilitas, dan tindak lanjut hasil pemeriksaan berpengaruh simultan terhadap tingkat korupsi pemerintah daerah. Secara parsial, trasparansi berpengaruh negatif terhadap tingkat korupsi pemerintah daerah, namun akuntabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat korupsi pemerintah daerah, sedangkan tindak lanjut hasil pemeriksaan berpengaruh negatif terhadap tingkat korupsi pemerintah daerah. Saran untuk penelitian yang akan datang diharapkan dapat menambahkan variabel independen lain diluar variabel independen yang telah diuji dalam penelitian ini seperti kualitas sumber daya manusia. Kata kunci: transparansi, akuntabilitas, tindak lanjut hasil pemeriksaan, tingkat korupsi pemerintah daerah.
Keywords : transparency, accountability, follow-up of audit results, corruption level of regional government., transparansi, akuntabilitas, tindak lanjut hasil pemeriksaan, tingkat korupsi pemerintah daerah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Putri Novitasari
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:46
Last Modified: 07 Sep 2022 06:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11479

Actions (login required)

View Item
View Item