THE IMPACT OF MOTIVATION TO SHARE ON THE CONTINUANCE OF COLLABORATIVE PARTICIPATION MEDIATED BY ATTITUDE TOWARD CONSUMPTION BASED ON SHARING ECONOMY PLATFORM

MUSTOFA, Nur Afni and DARMASTUTI, Ismi,(2 September 2022), THE IMPACT OF MOTIVATION TO SHARE ON THE CONTINUANCE OF COLLABORATIVE PARTICIPATION MEDIATED BY ATTITUDE TOWARD CONSUMPTION BASED ON SHARING ECONOMY PLATFORM. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Proses adopsi teknologi informasi secara menyeluruh beiringan dengan adanya pertumbuhan bisnis digital yang berpotensi pada peningkatan aktivitas berbasis peer-to-peer pada platform sharing economy yang eksistensinya semakin besar. Kondisi tersebut membuka peluang terhadap subjek ekonomi (produsen/konsumen) untuk melakukan sharing economy terkait barang/jasa dalam bentuk aset ataupun pribadi secara sederhana dengan meningkatkan akses bersama terhadap suatu barang, jasa atau sumber daya tertentu melalui kegiatan sewa, barter ataupun berbagi akses. Pada beberapa periode terakhir, sikap konsumsi telah berubah secara bertahap melalui peningkatan dalam aspek keterikatan sosial, lingkungan dan ekologi. Selaras dengan hal itu, tahap awal pada penelitian ini ialah mengkaji faktor pendukung motivasi dari keterlibatan subjek ekonomi dalam skema berbagi terkait sikap konsumsi yang mengalami pergeseran secara lebih modern serta adanya indikasi kontinuitas atau keberlangsungan untuk berpartisipasi dalam konsumsi kolaboratif. Tahap pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui survey secara digital/online yang kemudian di analisis menggunakan pendekatan regresi Partial Least Squares (PLS) versi 3.3.9 yang sesuai untuk melakukan kajian pada model kuantitatif dengan melibatkan 127 pengguna sebagai sampel valid pengguna layanan Gojek. Dengan demikian, penelitian ini mampu mengungkapkan bukti secara akurat dan kredibel terkait kepemilikan bersama objek transportasi melalui platform gojek. Tentunya hal tersebut tidak hanya berlandaskan pada tren semata, melainkan adanya opsional alternative dari para subjek yang turut berpartisipasi pada platform tersebut. Dalam hal ini, motivasi ekstrinsik dan intrinsik konsumen juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap indeks partisipasi kolaboratif. Selain itu, sikap konsumsi yang kuat mempengaruhi keterkaitan antara motivasi berbagi dan partisipasi kolaboratif yang pada akhirnya memberikan pengaruh secara berkelanjutan terkait partisipasi konsumen secara keseluruhan
Keywords : Extrinsic motivation, intrinsic motivation, attitude towards consumption, continuance collaborative participation, sharing economy, Self- Determitation Theory (SDT), Motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik, sikap terhadap konsumsi, kolaborasi partisipatif secara keberlanjutan, ekonomi berbagi, teori determinasi diri (SDT)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nur Afni Mustofa
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:44
Last Modified: 16 Sep 2022 03:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item
View Item