ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN, SOSIAL, TATA KELOLA (ESG) DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI dalam Periode Tahun 2017-2020)

PINUJI, Harlistyo and PRASETIONO, Prasetiono,(28 September 2022), ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN, SOSIAL, TATA KELOLA (ESG) DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI dalam Periode Tahun 2017-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (69kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (124kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan lingkungan,social, tata kelola dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variable mediasi. Nilai perusahaan diproksikan dengan menggunakan Tobins Q, leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER) ,dan profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Equity (ROE). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 19 perusahaan manufaktur yang laporan tahunannya terpublikasi di idx.co.id serta mengungkapkan environmental, social, and governance score di Bloomberg. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi data panel, analisis jalur dengan menggunakan program E-views 9 dan uji sobel untuk mengetahui pengaruh variable mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan lingkungan, sosial, dan tata kelola berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas sementara leverage berpegaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Pengungkapan lingkungan, berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, kemudian pengungkapan sosial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, sementara pengungkapan tata kelola berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kemudian leverage berpengaruh negatif dan signifikan. Profitabilitas yang diproksikan dengan ROE tidak berpengaruh memediasi hubungan antara pengungkapan lingkungan, sosial dan tata kelola terhadap nilai perusahaan, namun mampu memediasi hubungan antara leverage dan nilai perusahaan secara positif. Kata kunci : Pengungkapan Lingkungan, Pengungkapan Sosial, Pengungkapan Tata Kelola, DER, ROE, nilai perusahaan, Tobins Q.
Keywords : Environmental Disclosure, Social Disclosure, Governance Disclosure, DER, ROE, firm value, Tobins Q., Pengungkapan Lingkungan, Pengungkapan Sosial, Pengungkapan Tata Kelola, DER, ROE, nilai perusahaan, Tobins Q.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Harlistyo Pinuji
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:44
Last Modified: 28 Sep 2022 04:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11622

Actions (login required)

View Item
View Item