ANALISIS PERVAL DAN CONSUMER EXPERIENCE TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK VIRTUAL DALAM APLIKASI FREEMIUM LINE WEBTOON DENGAN METODE PEMBAYARAN ELEKTRONIK (E-WALLET) SEBAGAI VARIABEL MODERASI

PRATIWI, Liem Hana Junita and DIRGANTARA, I Made Bayu,(12 September 2022), ANALISIS PERVAL DAN CONSUMER EXPERIENCE TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK VIRTUAL DALAM APLIKASI FREEMIUM LINE WEBTOON DENGAN METODE PEMBAYARAN ELEKTRONIK (E-WALLET) SEBAGAI VARIABEL MODERASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dijalankan untuk mengetahui bagaimana pengguna aplikasi layanan bacaan komik LINE webtoon dengan model bisnis freemium, yang telah merasakan pengalaman menggunakan produk virtual berupa bacaan komik gratis sebagai core service aplikasi berminat membeli layanan berbayar fast pass dan daily pass untuk membaca konten komik yang hanya bisa diakses jika pengguna melakukan pembelian. Selain analisis dari segi pengalaman pengguna terhadap core service aplikasi, analisis juga dilakukan kepada pengguna bagaimana mereka mempersepsikan nilai-nilai tambah yang ditawarkan dari layanan berbayar fast pass dan daily pass untuk dapat mengakses konten komik yang terkunci bagi pengguna gratis. Metode purposive sampling digunakan dalam proses pengumpulan data kepada pengguna LINE Webtoon yang belum pernah membeli layanan berbayar. Kuesioner disebarkan menggunakan Google Form kepada sampel dari populasi pengguna LINE webtoon berusia 18-26 tahun yang memiliki layanan e-wallet sebagai metode pembayaran. Jumlah sampel yang terkumpul sebanayk 150 responden. Metode analisis yang digunakan untuk menguji model penelitian adalah Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa tidak terdapat pengaruh dari variabel perceived enjoyment, perceived social value, consumer experience serta e-payment system (e-wallet) terhadap minat pembelian layanan berbayar webtoon. Pengaruh positif dan signifikan hanya ditunjukkan oleh variabel perceived quality sebesar 33,4% dari analisis jalur dan perceived economic value sebesar 45,6% terhadap minat pembelian. Variabel moderasi pada penelitian e-payment system (e-wallet) ditemukan tidak signifikan memoderasi minat pembelian layanan berbayar webtoon.
Keywords : Partial Least Square, PERVAL, Consumer Experience, Purchase Intention, Freemium, Virtual Goods, Partial Least Square, PERVAL, Consumer Experience, Minat Pembelian, Freemium, Virtual Goods
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Hana Junita Pratiwi Liem
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:18
Last Modified: 29 Sep 2022 08:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11645

Actions (login required)

View Item
View Item