PENGARUH FAMILY OWNERSHIP DAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Indonesia)

WIBOWO, Faizal Endi and ARFINTO, Erman Denny,(30 June 2022), PENGARUH FAMILY OWNERSHIP DAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (4kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Family Ownership dan Institutional Ownership terhadap dividend payout ratio pada perusahaan keluarga di Indonesia. Menurut penelitian sebelumnya (Mulyani, Singh, & Mishra, 2016) menyatakan bahwa family ownership berbanding terbalik terhadap dividend payout yang dikeluarkan oleh perusahaan. Namun dalam penelitian (Setianto & Sari, 2017) menunjukkan bahwa perusahaan keluarga memiliki dampak positif terhadap dividend payout. Hal ini yang menyebabkan peneliti tertarik untuk membuktikan hubungan antara family ownership dan dividend payout di Indonesia. Penelitian ini menggunakan sample awal dari perusahaan manufaktur yang listing di Indonesia Stock Exchange dari tahun 2013 hingga 2021. Penelitian ini tidak mengikutkan perusahaan-perusahaan yang tidak membagikan dividend. Nantinya sample yang telah tersortir akan dipersempit lagi samplenya menjadi jumlah perusahaan keluarga yang masuk kategori. Data penelitian kami kumpulkan dari website resmi Indonesian Stock Exchange dan Bloomberg. sementara data kepemilikan kami kumpulkan secara manual. Penelitian ini akan menggunakan teknik ordinary least square. Penelitian ini tidak menemukan adanya hubungan antara Dividend Payout Ratio dengan Family Ownership. Namun dalam penelitian ini berhasil membuktikan adanya hubungan negatif dan signifikan antara Institutional Ownership dan Dividend Payout ratio.
Keywords : Dividend payout ratio, Family Ownership, institutional ownership, profitability, firm size., Dividend payout ratio, Family Ownership, Institutional Ownership, profitability, firm size.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Faizal Endi Wibowo
Date Deposited: 05 Oct 2022 01:17
Last Modified: 22 Nov 2022 02:31
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11681

Actions (login required)

View Item
View Item