PENGARUH REKENING DORMANT DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI KEMBALI DENGAN MEDIASI KEPERCAYAAN NASABAH (Studi pada Nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Pati)

HAPSORO, Suluh Wisnu and SUKRESNA, I Made,(5 September 2022), PENGARUH REKENING DORMANT DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI KEMBALI DENGAN MEDIASI KEPERCAYAAN NASABAH (Studi pada Nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Pati). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (226kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat terutama di dunia perbankan saat ini membuat para perbankan terus engembangkan dan menciptakan produk-produk inovasi dalam teknologi agar memudahkan nasabah. Bank BNI adalah perusahaan perbankan milik pemerintah yang selalu berupaya meningkatkan kualitas layanan demi memenuhi kebutuhan nasabah terutama dalam penggunaan internet banking salah satunya pada kantor cabang Pati. Namun, cara tersebut ternyata belum berjalan efektif karena masih terdapat keluhan dari para nasabah mengenai kualitas layanan yang diberikan bank. Keluhan dari nasabah berdampak pada penurunan jumlah transaksi dan penggunaan rekening yang mengakibatkan rekening tersebut tidak aktif atau disebut rekening dormant. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BNI Cabang Pati dengan sampel sebanyak 157 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling dan menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil analisis membuktikan bahwa rekening dormant berpengaruh signifikan negatif terhadap kepercayaan nasabah sehingga rekening dormant yang tinggi akan enurunkan kepercayaan nasabah. Digital marketing yang baik dari BNI KC Pati akan meningkatkan tingkat kepercayaan nasabah tersebut. Penelitian ini juga membuktikan bahwa digital marketing yang baik dari BNI KC Pati akan meningkatkan minat bertransaksi kembali. Penelitian juga membuktikan bahwa semakin tinggi kepercayaan nasabah BNI KC Pati semakin tinggi minat bertransaksi kembali.
Keywords : Dormant Account, Digital Marketing, Customer Trust, Interest in saving again, Rekening Dormant, Digital Marketing, Kepercayaan nasabah, Minat bertransaksi kembali
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Suluh Wisnu Hapsoro
Date Deposited: 17 Oct 2022 01:37
Last Modified: 17 Oct 2022 06:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11744

Actions (login required)

View Item
View Item