STRATEGI PERTUMBUHAN BISNIS BRILINK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN BANK DALAM MENGHADAPI ERA DISRUPSI DIGITAL (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk.)

NUGRAHA, Widya Hadi and RAHARJO, Susilo Toto,(26 September 2022), STRATEGI PERTUMBUHAN BISNIS BRILINK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN BANK DALAM MENGHADAPI ERA DISRUPSI DIGITAL (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk.). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (16kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (239kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

BRILink merupakan layanan Bank BRI untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui kerjasama dengan masyarakat menjadi agen BRILink yang dapat melayani transaksi perbankan dengan sistem sharing fee. Namun, permasalahan yang terjadi yaitu persaingan bisnis pada layanan yang sejenis semakin kompetitif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Model Kanvas Bisnis sebagai strategi pertumbuhan bisnis BRILink untuk mempertahankan dan meningkatkan keunggulan bersaing di Indonesia agar profitabilitas Bank BRI tetap terjaga dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Sampel yang menjadi informan yaitu vice president, assistant vice president dan assistant manager Divisi Jaringan BRILink. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara secara langsung. Hasil wawancara kemudian diobservasi untuk mengetahui lingkungan internal perusahaan berupa kekuatan dan kelemahan, dan lingkungan eksternal berupa peluang dan ancaman serta untuk mengetahui Business Canvas Model dari BRILink. Analisis data dimulai dari pengumpulan data secara langsung melalui wawancara, mereduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa melalui integrasi analisis SWOT dan Business Canvas Model pada bisnis BRILink menemukan bahwa perusahaan memiliki peluang inovasi strategi baru yaitu dengan melakukan pengawasan, pemberdayaan, dan pemberian pelatihan pada agen baru untuk mencapai keunggulan kompetitif sehingga mampu tumbuh dan berkembang untuk meraih pasar yang lebih luas.
Keywords : BRILink; SWOT analysis; Business Canvas Models., BRILink; Analisis SWOT; Business Canvas Model.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Widya Hadi Nugraha
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:26
Last Modified: 20 Oct 2022 07:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11760

Actions (login required)

View Item
View Item