DEVANGGA, Farhandhia and DIRGANTARA, I Made Bayu,(11 July 2022), ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PENGALAMAN BERBELANJA ONLINE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NIAT BELI KEMBALI (Studi Pada Pengguna e-arketplace di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (259kB)
Download (259kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (236kB)
Download (236kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (258kB)
Download (258kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (388kB)
Download (388kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (455kB)
Download (455kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Platform e-commerce adalah sektor yang terus berkembang dengan pesat di
mana kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat penting bagi target
penyedia layanan marketplace yang harapanya ketika konsumen merasakan
kepuasan akan melakukan pembelian secara ulang. Kondisi untuk mencapai
kualitas di sektor ini adalah pengembangan berkelanjutan di bidang solusi
pelanggan. Keunikan sektor komunikasi elektronik terletak pada kenyataan bahwa
sistem kemudahan yang diberikan merupakan faktor utama yang membedakan
suatu perusahaan dengan para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor-faktor yang dapat meningkatnya niat beli kembali pada
pengguna e-Marketplace di Kota Semarang.
Sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 150 responden yang bersedia
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh peneliti. Penentuan sampel
menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling
yaitu peneliti menentukan kriteria untuk menjadi responden (Sugiyono, 2016).
Teknik penyebaran kuisioner menggunakan accidental sampling penentuan sampel
yang didasarkan pada suatu pertemuan secara tidak disengaja maka dapat
digunakan sebagai sampel dengan kriteria sampel yang sudah ditentukan diatas
(Mas’ud, 2014). Alat yang digunakan untuk menganalisis data adalah AMOS 22.00
dengan metode SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian menunjukan dari kelima hipotesis yang diusulkan dapat
diterima secara keseluruhan. Ada pengaruh signifikan kemudahan penggunaan
terhadap kepuasan konsumen dengan nilai p-value sebesar 0,035. Ada pengaruh
signifikan kemudahan penggunaan terhadap niat beli kembali dengan nilai p-value
sebesar 0,018. Ada pengaruh signifikan pengalaman berbelanja terhadap kepuasan
konsumen dengan nilai p-value sebesar 0,008. Ada pengaruh signifikan
pengalaman berbelanja terhadap niat beli kembali dengan nilai p-value sebesar ***
yang artinya kurang dari nol <0,05. Ada pengaruh signifikan kepuasan konsumen
terhadap niat beli kembali dengan nilai p-value sebesar 0,023.
Keywords : | Ease of Use, Shopping Experience, Consumer Satisfaction, Purchase Intentions and Marketplace Users, Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Berbelanja, Kepuasan Konsumen, Niat Beli Kembali dan Pengguna Marketplace |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Farhandhia Devangga |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 10:12 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 01:57 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11769 |