ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PENGALAMAN BERBELANJA ONLINE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NIAT BELI KEMBALI (Studi Pada Pengguna e-arketplace di Kota Semarang)

DEVANGGA, Farhandhia and DIRGANTARA, I Made Bayu,(11 July 2022), ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PENGALAMAN BERBELANJA ONLINE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NIAT BELI KEMBALI (Studi Pada Pengguna e-arketplace di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (259kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (236kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (258kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (388kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (455kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Platform e-commerce adalah sektor yang terus berkembang dengan pesat di mana kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat penting bagi target penyedia layanan marketplace yang harapanya ketika konsumen merasakan kepuasan akan melakukan pembelian secara ulang. Kondisi untuk mencapai kualitas di sektor ini adalah pengembangan berkelanjutan di bidang solusi pelanggan. Keunikan sektor komunikasi elektronik terletak pada kenyataan bahwa sistem kemudahan yang diberikan merupakan faktor utama yang membedakan suatu perusahaan dengan para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat meningkatnya niat beli kembali pada pengguna e-Marketplace di Kota Semarang. Sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 150 responden yang bersedia menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh peneliti. Penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling yaitu peneliti menentukan kriteria untuk menjadi responden (Sugiyono, 2016). Teknik penyebaran kuisioner menggunakan accidental sampling penentuan sampel yang didasarkan pada suatu pertemuan secara tidak disengaja maka dapat digunakan sebagai sampel dengan kriteria sampel yang sudah ditentukan diatas (Mas’ud, 2014). Alat yang digunakan untuk menganalisis data adalah AMOS 22.00 dengan metode SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukan dari kelima hipotesis yang diusulkan dapat diterima secara keseluruhan. Ada pengaruh signifikan kemudahan penggunaan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai p-value sebesar 0,035. Ada pengaruh signifikan kemudahan penggunaan terhadap niat beli kembali dengan nilai p-value sebesar 0,018. Ada pengaruh signifikan pengalaman berbelanja terhadap kepuasan konsumen dengan nilai p-value sebesar 0,008. Ada pengaruh signifikan pengalaman berbelanja terhadap niat beli kembali dengan nilai p-value sebesar *** yang artinya kurang dari nol <0,05. Ada pengaruh signifikan kepuasan konsumen terhadap niat beli kembali dengan nilai p-value sebesar 0,023.
Keywords : Ease of Use, Shopping Experience, Consumer Satisfaction, Purchase Intentions and Marketplace Users, Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Berbelanja, Kepuasan Konsumen, Niat Beli Kembali dan Pengguna Marketplace
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Farhandhia Devangga
Date Deposited: 25 Oct 2022 10:12
Last Modified: 26 Oct 2022 01:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11769

Actions (login required)

View Item
View Item