ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER DAN DISCLOSURE OF SPONSORSHIP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI BRAND ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Generasi Z di Instagram)

PRASETIO, Ariq Naufal and INDRIANI, Farida,(20 October 2022), ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER DAN DISCLOSURE OF SPONSORSHIP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI BRAND ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Generasi Z di Instagram). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Di era teknologi informasi yang semakin canggih pemasar memiliki kemudahan dalam menyampaikan informasi produk kepada konsumen, salah satunya yaitu dengan adanya media sosial. Dewasa ini fungsi dari media sosial terus berevolusi. Saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk menjalin relasi dan berkomunikasi tetapi juga menghasilkan keuntungan ekonomi, salah satunya adalah Instagram. Salah satu opsi bagi perusahaan yang memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran adalah strategi Influencer Marketing. Kredibilitas influencer dan disclosure of sponsorship memiliki peranan krusial dalam membangun sikap konsumen untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas influencer dan disclosure of sponsorship dalam kegiatan influencer marketing untuk membangun sikap konsumen (brand attitude) serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen generasi z yang merupakan pengguna aktif media sosial Instagram. Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis pada penelitian ini dilakukan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memasukkan kredibilitas influencer dan disclosure of sponsorship pada kegiatan influencer marketing yang dilakukan di Instagram dapat berpengaruh positif terhadap brand attitude. Setelahnya, brand attitude yang terbangun juga secara positif berpengaruh menjadi keputusan pembelian konsumen.
Keywords : Influencer Marketing, Influencer Credibility, Disclosure of Sponsorship, Brand Attitude, and Purchase Decision, Pemasaran Influencer, Kredibilitas Influencer, Disclosure of Sponsorship, Sikap Merek, dan Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ariq Naufal Prasetio
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:54
Last Modified: 26 Oct 2022 06:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11770

Actions (login required)

View Item
View Item