PRASETIO, Ariq Naufal and INDRIANI, Farida,(20 October 2022), ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER DAN DISCLOSURE OF SPONSORSHIP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI BRAND ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Generasi Z di Instagram). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Di era teknologi informasi yang semakin canggih pemasar memiliki kemudahan dalam menyampaikan informasi produk kepada konsumen, salah satunya yaitu dengan adanya media sosial. Dewasa ini fungsi dari media sosial terus berevolusi. Saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk menjalin relasi dan berkomunikasi tetapi juga menghasilkan keuntungan ekonomi, salah satunya adalah Instagram. Salah satu opsi bagi perusahaan yang memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran adalah strategi Influencer Marketing. Kredibilitas influencer dan disclosure of sponsorship memiliki peranan krusial dalam membangun sikap konsumen untuk mempengaruhi keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas influencer dan disclosure of sponsorship dalam kegiatan influencer marketing untuk membangun sikap konsumen (brand attitude) serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen generasi z yang merupakan pengguna aktif media sosial Instagram. Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis pada penelitian ini dilakukan menggunakan alat analisis SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memasukkan kredibilitas influencer dan disclosure of sponsorship pada kegiatan influencer marketing yang dilakukan di Instagram dapat berpengaruh positif terhadap brand attitude. Setelahnya, brand attitude yang terbangun juga secara positif berpengaruh menjadi keputusan pembelian konsumen.
Keywords : | Influencer Marketing, Influencer Credibility, Disclosure of Sponsorship, Brand Attitude, and Purchase Decision, Pemasaran Influencer, Kredibilitas Influencer, Disclosure of Sponsorship, Sikap Merek, dan Keputusan Pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Ariq Naufal Prasetio |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 06:54 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 06:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11770 |