WILDAN, Mohammad Zaki and MARWINI, Marwini,(14 April 2022), PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS DAN PEMAHAMAN TEORI KONSUMSI ISLAM TERHADAP PERILAKU ISRAF (STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM ANGKATAN 2017-2018). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Perilaku konsumtif adalah tindakan manusia sebagai konsumen dalam
membeli dan memanfaatkan barang hasil produksi yang tidak didasarkan pada
pertimbangan yang rasional dan memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi
tanpa batas dimana lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat religiusitas
dan pemahaman teori konsumsi Islam terhadap perilaku Israf (konsumtif) pada
kalangan milenial dan Gen-Z yang diwakili oleh mahasiswa FEB UNDIP jurusan
Ekonomi Islam angkatan 2017-2018. Data yang digunakan pada penelitian ini
adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebar pada mahasiswa
jurusan Ekonomi Islam FEB UNDIP angkatan 2017-2018. Penelitian ini memiliki
populasi sebesar 209 mahasiswa dan sampel sebesar 68 mahasiswa. Metode
analisis data yang digunakan adalah Regresi linier berganda dengan Software
SPSS 22. Hasil penelitian ini menemukan adanya hubungan negatif tetapi tidak
signifikan antara tingkat religiusitas terhadap perilaku Israf dengan nilai
signifikansi 0.706 dan t-statistik -0.379. Variabel pemahaman teori konsumsi
Islam berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap perilaku Israf dengan
nilai signifikansi 0.585 dan t-statistik -0.549.
Variabel tingkat religiusitas dan pemahaman teori konsumsi Islam secara
simultan pengaruh terhadap perilaku Israf dengan nilai signifikansi 0,007.
Koefisien determinasi menunjukkan bahwa perilaku Israf mahasiswa FEB UNDIP
jurusan Ekonomi Islam angkatan 2017-2018 dipengaruhi oleh tingkat religiusitas
dan pemahaman teori konsumsi Islam sebesar 14%. Sisanya sebesar 86%
dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Keywords : | Religiosity, Islamic Consumption, Israf, Consumptive, Consumerism., Religiusitas, Konsumsi Islam, Israf, Konsumtif, Konsumerisme. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Mohammad Zaki Wildan |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 01:56 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 01:56 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11784 |