PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, LAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PERBANKAN SYARIAH KOTA SEMARANG

GUSMANA, Brilian Yoga Gema and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(10 October 2022), PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, LAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PERBANKAN SYARIAH KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (167kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (56kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (111kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (107kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (111kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan pengguna internet saat ini dianggap sebagai potensi berkembangnya transaksi digital di Indonesia. Kehadiran smartphone yang membantu perusahaan terutama perbankan dalam mengembangkan program�program perbankan seiring dengan perkembangan yang ada ditengah kehidupan masyarakat. Beberapa tahun terakhir mobile banking telah begitu popular dikalangan publik karena mobile banking mampu memberi layanan yang menawarkan beberapa keuntungan bagi nasabah yakni menghemat waktu, memudahkan, kenyamanan dan mobilitas. Hal ini mendorong perusahaan perbankan untuk menganalisis apakah taraf pelayanan dalam suatu aplikasi mobile banking syariah sejauh ini memberikan kepuasan terhadap penggunanya. Perkembangan mobile banking syariah di kota Semarang cukup potensial. Hal ini menurut badan pusat statistik kota Semarang menyatakan bahwa jumlah penduduk muslim kota Semarang di tahun 2020 mencapai 1.470.442 orang, yang mana seharusnya pertumbuhan penggunaan perbankan syariah diprediksi meningkat. Akan tetapi besarnya potensi tersebut tidak sebanding dengan kualitas mobile banking perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan, keamanan, layanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking perbankan syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 3. Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan 100 sampel masyarakat di kota Semarang. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemudahan dan layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (customer satisfaction), sedangkan keamanan dan kepercayaan tidak berpengaruh secarasignifikan terhadap customer satisfaction.
Keywords : Mobile banking, security, service quality, trust, customer satisfaction, Mobile banking, kemudahan, keamanan, kualitas Layanan, kepercayaan, customer satisfaction
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Brilian Yoga Gema Gusmana
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:18
Last Modified: 17 Nov 2022 01:23
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11821

Actions (login required)

View Item
View Item