GUSMANA, Brilian Yoga Gema and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(10 October 2022), PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, LAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PERBANKAN SYARIAH KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (167kB)
Download (167kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (56kB)
Download (56kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (111kB)
Download (111kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (107kB)
Download (107kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (111kB)
Download (111kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan pengguna internet saat ini dianggap sebagai potensi
berkembangnya transaksi digital di Indonesia. Kehadiran smartphone yang
membantu perusahaan terutama perbankan dalam mengembangkan program�program perbankan seiring dengan perkembangan yang ada ditengah kehidupan
masyarakat. Beberapa tahun terakhir mobile banking telah begitu popular
dikalangan publik karena mobile banking mampu memberi layanan yang
menawarkan beberapa keuntungan bagi nasabah yakni menghemat waktu,
memudahkan, kenyamanan dan mobilitas. Hal ini mendorong perusahaan
perbankan untuk menganalisis apakah taraf pelayanan dalam suatu aplikasi mobile
banking syariah sejauh ini memberikan kepuasan terhadap penggunanya.
Perkembangan mobile banking syariah di kota Semarang cukup potensial. Hal ini
menurut badan pusat statistik kota Semarang menyatakan bahwa jumlah penduduk
muslim kota Semarang di tahun 2020 mencapai 1.470.442 orang, yang mana
seharusnya pertumbuhan penggunaan perbankan syariah diprediksi meningkat.
Akan tetapi besarnya potensi tersebut tidak sebanding dengan kualitas mobile
banking perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
kemudahan, keamanan, layanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah
dalam menggunakan mobile banking perbankan syariah. Metode yang digunakan
dalam penelitian yaitu Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis
SmartPLS 3. Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan 100 sampel
masyarakat di kota Semarang. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemudahan dan
layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah
(customer satisfaction), sedangkan keamanan dan kepercayaan tidak berpengaruh
secarasignifikan terhadap customer satisfaction.
Keywords : | Mobile banking, security, service quality, trust, customer satisfaction, Mobile banking, kemudahan, keamanan, kualitas Layanan, kepercayaan, customer satisfaction |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Brilian Yoga Gema Gusmana |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 01:18 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 01:23 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11821 |