PERAN MEDIASI PENGAKUAN KOMUNITAS DESA YANG BERINTEGRITAS ATAS KEKUATAN PENGARUH SINERGI FINANSIAL DAN SINERGI OPERASIONAL TERHADAP KEUNGGULAN KINERJA KEUANGAN BANK (Alternatif Model Pengembangan Daya Saing Bank Studi Empiris BPR BKK Jawa Tengah Pasca Merger)

SUWARDI, Suwardi and WAHYUDI, Sugeng and CHABACHIB, Mochammad,(13 February 2015), PERAN MEDIASI PENGAKUAN KOMUNITAS DESA YANG BERINTEGRITAS ATAS KEKUATAN PENGARUH SINERGI FINANSIAL DAN SINERGI OPERASIONAL TERHADAP KEUNGGULAN KINERJA KEUANGAN BANK (Alternatif Model Pengembangan Daya Saing Bank Studi Empiris BPR BKK Jawa Tengah Pasca Merger). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (370kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (273kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (515kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model teoritikal sinergi finansial dan sinergi opersional terhadap peningkatan keunggulan kinerja keuangan bank. Secara spesifik penelitian ini pertama akan menguji secara empiris efek langsung sinergi finansial, sinergi operasional, duplikasi biaya terhadap keunggulan kinerja keuangan bank; kedua, menguji hubungan duplikasi biaya terhadap sinergi operasional; ketiga, menguji sinergi finansial dan sinergi operasional yang dimediasi dengan pengakuan komunitas desa yang berintegritas pengaruhnya terhadap keunggulan kinerja keuangan bank. Desain penelitian yang digunakan untuk studi dengan jenis penelitian survey. Model teoritik diuji secara empirik dengan data yang dikumpulkan dari 131 BPR BKK Cabang di Jawa Tengah. Pemodelan persamaan struktural multi group digunakan untuk menganalisis data. Teknik analisis data mengggunakan bantuan program excell, SPSS 16.0 dan menggunakan Struktur Equation Model dengan Program Amos 16.0. Hasil-hasil analisis melalui Program Amos 16 mengarahkan alternatif solusi perubahan model dari model full indikator menjadi model dengan indikator komposit. Beberapa pengujian hipotesis terbukti berpengaruh positif dan signifikan diantaranya: sinergi finansial terhadap pengakuan komunitas desa yang berintegritas; pengakuan komunitas desa yang berintegritas terhadap keunggulan kinerja keuangan bank, sinergi finansial yang dimediasi dengan pengakuan komunitas desa yang berintegritas terbukti berpengaruh positif lebih baik secara signifikan terhadap keunggulan kinerja keuangan bank, sinergi operasional yang dimediasi dengan pengakuan komunitas desa yang berintegritas terbukti berpengaruh positif lebih baik secara signifikan terhadap keunggulan kinerja keuangan bank serta duplikasi biaya berpengaruh negatif signifikan terhadap sinergi operasional. Secara umum, temuan penelitian ini memberikan dukungan yang kuat terhadap pandangan sinergi finansial dan sinergi operasional terhadap peningkatan keunggulan kinerja keuangan bank; dan memberikan dukungan yang kuat pada peran pengakuan komunitas desa yang berintegritas dalam meningkatkan keunggulan kinerja keuangan bank.
Keywords : financial sinergies, cost duplications, financial sinergies, operational sinergies, rural community recognition which integrity, excellenity of bank financial performance, bank., sinergi finansial, sinergi operasional, duplikasi biaya, pengakuan komunitas desa yang berintegritas, keunggulan kinerja keuangan bank, bank.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:16
Last Modified: 18 Nov 2022 09:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11827

Actions (login required)

View Item
View Item