ANALISIS PENGARUH PERIODE LAPORAN KEUANGAN SEBELUM DAN PADA MASA COVID-19 DAN FLEKSIBILITAS KAS TERHADAP PENGELUARAN INVESTASI DENGAN STRUKTUR KEPEMILIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI)

NINGRUM, Nina Kusumi and MAWARDI, Wisnu,(20 October 2022), ANALISIS PENGARUH PERIODE LAPORAN KEUANGAN SEBELUM DAN PADA MASA COVID-19 DAN FLEKSIBILITAS KAS TERHADAP PENGELUARAN INVESTASI DENGAN STRUKTUR KEPEMILIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (191kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (264kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (104kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (292kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (327kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi menciptakan kejutan pasokan dan memengaruhi ekonomi global secara negatif. Selain pariwisata, sektor lain yang terdampak pandemi Covid-19 adalah manufaktur dimana terjadi penurunan kinerja sejak merebaknya pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periode laporan keuangan dan fleksibilitas kas pada pengeluaran investasi, serta mengetahui apakah struktur kepemilikan memoderasi periode laporan keuangan terhadap pengeluaran investasi pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kriteria tertentu yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang sudah mengumumkan laporan keuangannya pada tahun 2019 dan 2020. Dalam menginterpretasi hasil penelitian, peneliti menganalisis data dengan dua analisis yaitu Statistik Deskriptif dan Analisis Regresi Berganda yaitu Moderated Regression Analysis. Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa periode laporan keuangan berpengaruh positif terhadap pengeluaran investasi, selanjutnya dapat diketahui bahwa fleksibilitas kas berpengaruh positif terhadap pengeluaran investasi, dan hasil perhitungan moderasi nilai signifikansi interaksi struktur kepemilikan dengan periode laporan keuangan dapat diketahui bahwa struktur kepemilikan tidak memoderasi pengaruh periode laporan keuangan terhadap pengeluaran investasi. Periode laporan keuangan berpengaruh positif terhadap pengeluaran investasi. Fleksibilitas kas berpengaruh positif terhadap pengeluaran investasi. Struktur kepemilikan tidak memoderasi pengaruh periode laporan keuangan terhadap pengeluaran investasi, dengan jenis berhubungan dengan kriterion dan tidak berinteraksi dengan prediktor sehingga perannya lebih tepat sebagai intervening. Saran penelitian selanjutnya menggunakan variabel pemoderasi lainnya seperti inflasi atau SBI rate, serta menggunakan perusahaan dengan rumpun usaha yang sama.
Keywords : cash flexibility, investment expenditure, manufacturing, moderated regression analysis (MRA), fleksibilitas kas, pengeluaran investasi, manufaktur, moderated regression analysis (MRA)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nina Ningrum
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:24
Last Modified: 22 Nov 2022 06:24
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11829

Actions (login required)

View Item
View Item