ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DENGAN MODEL CARTER (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH INDONESIA SEMARANG)

ANGGIAWATI, Lina Nur and SETIAWAN, Achma Hendra,(3 November 2022), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DENGAN MODEL CARTER (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH INDONESIA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (142kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (105kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (347kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (356kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Booknarks] Text (Fulltext PDF Booknarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, perusahaan jasa semakin berkembang. Salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia Semarang. Adanya perkembangan ini menimbulkan persaingan yang semakin ketat sehingga untuk dapat bersaing, mempertahankan dan memperoleh nasabah, Bank Syariah Indonesia Semarang harus memperhatikan kualitas pelayanan agar tercapai kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen yaitu kepatuhan, jaminan, keandalan, empati, bukti fisik, dan ketanggapan terhadap kepuasan nasabah sebagai variabel dependen pada Bank Syariah Indonesia Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan pengujian data menggunakan program SPSS Statistics 23. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan pendekatan purposive sampling dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepatuhan, bukti fisik, dan ketanggapan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Semarang. Sementara, jaminan, keandalan, dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Semarang. Secara simultan, kepatuhan, jaminan, keandalan, empati, bukti fisik, dan ketanggapan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Semarang. Nilai R square sebesar 0,809 menunjukkan bahwa 81 persen kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel independen dan sisanya 19 persen dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian.
Keywords : compliance, assurance, reliability, empathy, tangible, and responsiveness, customer satisfaction, kepatuhan, jaminan, keandalan, empati, bukti fisik, dan ketanggapan, kepuasan nasabah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Lina Nur Anggiawati
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:42
Last Modified: 24 Nov 2022 07:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11840

Actions (login required)

View Item
View Item