ANALISIS PENGARUH INKLUSI KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

FAQIHA, Athia Nabila and REJEKININGSIH, Tri Wahyu,(28 October 2022), ANALISIS PENGARUH INKLUSI KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (64kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (73kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (41kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (137kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Inklusi keuangan merupakan program yang sedang digalakkan agar semua orang dapat mengakses ke berbagai layanan keuangan formal dengan lebih efisien dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inklusi keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi. Perhitungan tingkat inklusi keuangan menggunakan suatu indeks yang dikenal dengan Index of Financial Inclusion (IFI). Nilai IFI pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan 3 dimensi, yakni dimensi aksesibilitas, availabilitas, dan penggunaan. Dimensi aksesibilitas menggunakan data rasio DPK (Dana Pihak Ketiga) per 1.000 penduduk dewasa, dimensi availabilitas menggunakan data jumlah kantor cabang bank per 100.000 penduduk dewasa dan jumlah mesin ATM per 100.000 penduduk dewasa. Dimensi penggunaan menggunakan data rasio total kredit dan simpanan terhadap pendapatan domestik regional bruto (dalam persen). Penelitian ini menggunakan data panel untuk 34 provinsi di Indonesia dari tahun 2016 – 2019. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi OLS (Ordinary Least Square) pada model FEM (Fixed Effect Model). Adapun variabel independen yang digunakan adalah inklusi keuangan (IFI), tenaga kerja (TK), dan tingkat pendidikan (RLS). Variabel dependen yang digunakan adalah pertumbuhan ekonomi yang diproksikan dengan logaritma natural dari produk domestik regional bruto. Hasil penelitian menunjukkan variabel inklusi keuangan memiliki pengaruh secara negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Variabel tenaga kerja dan tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Adapun dari model dengan variabel independen yang digunakan terdapat pengaruh yang relatif besar dari lima provinsi dibandingkan dengan provinsi yang lain, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Timur. Sedangkan pengaruh yang relatif kecil dibandingkan dengan provinsi lainnya, adalah Maluku dan Maluku Utara.
Keywords : Financial Inclusion, Economic Growth, Index of Financial Inclusion, Gross Regional Domestic Product, Fixed Effect Model-Ordinary Least Square., Keuangan, Pertumbuhan Ekonomi, Index of Financial Inclusion, Produk Domestik Regional Bruto, Fixed Effect Model-Ordinary Least Square.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Athia Nabila Faqiha
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:15
Last Modified: 06 Dec 2022 02:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11872

Actions (login required)

View Item
View Item