PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK YANG DIMODERASI OLEH PERTUMBUHAN PENJUALAN

FEBRIYANTI, Nia and FAISAL, Faisal,(29 November 2022), PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK YANG DIMODERASI OLEH PERTUMBUHAN PENJUALAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (33kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (44kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (220kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen laba terhadap penghindaran pajak yang dimoderasi oleh pertumbuhan penjualan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah penghindaran pajak. Dengan variabel moderasi yakni pertumbuhan penjualan. Variabel kontrol yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, leverage, return on asset, potensi pertumbuhan, asset tangibility, likuiditas, dan umur perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2017-2020. Sampel ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan pengambilan sampel terdapat 236 sampel dari 59 perusahaan yang diuji dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi moderasi. Kesimpulan dari hasil pengujian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa manajemen laba berpengaruh positif signifikan terhadap penghindaran pajak. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan memperkuat hubungan antara manajemen laba terhadap penghindaran pajak. Selain itu, dari variabel kontrol berupa leverage, potensi pertumbuhan, aset tangibility, likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap penghindaran pajak. Sedangkan, variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penghindaran pajak.
Keywords : earnings management, tax avoidance, sales growth, firm size, leverage, return on asset, growth potential, asset tangibility, liquidity, age., manajemen laba, penghindaran pajak, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, leverage, return on asset, potensi pertumbuhan, asset tangibility, likuiditas, umur perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Nia Febriyanti
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:10
Last Modified: 09 Dec 2022 03:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11891

Actions (login required)

View Item
View Item