ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN MURABAHAH BA’I BITSAMAN AJIL (Studi Kasus: BMT Bina Umat Mandiri di Kota Tegal)

SYAWALUDIN, Asep and PUJIYONO, Arif,(23 June 2014), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN MURABAHAH BA’I BITSAMAN AJIL (Studi Kasus: BMT Bina Umat Mandiri di Kota Tegal). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (125kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract) - Published Version
Download (127kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak) - Published Version
Download (127kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (135kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (132kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy

Abstract

Ekonomi Islam berperan mendukung terciptanya kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Pembangunan ekonomi yang merata adalah tujuan dari terjadinya stabilitas ekonomi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di dalam negeri khususnya daerah perkotaan dan pedesaan. Sektor perdagangan menjadi bagian penting bagi perkembangan perekonomian. BMT berperan sebagai lembaga pendukung kegiatan masyarakat kecil yang diharapkan mampu membuka usaha-usaha mikro yang berlandaskan syariah. Berdirinya BMT ini diharapkan mampu ikut serta dalam pembangunan daerah yaitu mengurangi pengangguran. Produk BMT khususnya di kota Tegal yang paling banyak diminati adalah pembiayaan murabahah. Namun terjadi permasalahan pada penggunaan yaitu konsumsi, seperti yang terjadi juga pada produk bank syariah. Untuk itu, perlu adanya penelitian yang mengkaji apakah faktor agunan, jarak dan margin mempengaruhi pembiayaan murabahah ini. Penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara dan daftar pertanyaan yang telah disiapkan dengan mengambil 60 responden dari anggota BMT Bina Umat Mandiri kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier OLS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, agunan berpengaruh positif terhadap pembiayaan murabahah tetapi tidak signifikan, margin berpengaruh negatif terhadap pembiayaan murabahah, dan jarak berpengaruh negatif terhadap pembiayaan murabahah.
Keywords : BMT, Murabahah Financing, collateral, margin and distance., BMT, Pembiayaan Murabahah, agunan, margin dan jarak.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:28
Last Modified: 15 Dec 2022 02:28
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11912

Actions (login required)

View Item
View Item